Salah Satu Patung Baru di Jepara Ini Akan Membuat Kamu Tidak Berhenti Jepret


Tugu Tiga Puteri Jepara adalah tugu yang terdapat di Bundaran Ngabul Kabupaten Jepara, Tugu tersebut berbentuk patung tiga tokoh perjuangan wanita dari Kabupaten Jepara. Dalam proses pembangunannya menelan hingga Rp 2,5 miliar melebihi dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jepara 2016. Proyek yang ditangani oleh PT Maha Karya Utama Abadi tersebut selesai pada awal Desember 2016, Tugu ini diresmikan pada hari Kamis tanggal 22 Desember 2016.

Patung tiga tokoh puteri Jepara yang berada di Bundaran Ngabul tersebut menghadap ke arah yang berbeda, yaitu patung Ratu Shima menghadap ke arah Keling, patung Ratu Kalinyamat menghadap ke arah Mantingan dan patung R.A. Kartini menghadap ke arah Mayong. Arah hadap dari masing masing patung tersebut memiliki makna bahwa ketiga patung tersebut menghadap ke tempat penting yang berkaitan dengan tokoh tersebut. Untuk patung Ratu Shima menghadap ke arah Kecamatan Keling yang konon menjadi pusat Kerajaan Kalingga yang dipimpinnya. Kemudian Ratu Kalinyamat menghadap ke arah Mantingan yang konon menjadi pusat Kerajaan Kalinyamat. Serta patung R.A. Kartini menghadap ke arah Kecamatan Mayong, dimana kecamatan tersebut merupakan tempat kelahiran pahlawan emansipasi wanita Indonesia itu.

Tugu Tiga Puteri Jepara tidak hanya berupa patung saja, namun juga terdapat taman, pohon, dan rumput hiasdan pada malam hari tempat ini merupakan tempat favorit berwisata malam, Karena ketika malam hari di tugu tiga puteri Jepara terdapat lampu-lampu yang mempercantik tugu dan menambah daya tarik pada wisata Tugu Tiga Puteri Jepara.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==