Tak Hanya Bogor yang Memiliki Taman Wisata yang Dilindungi, Jeparapun memiliki Taman Wisata Laut yang Tak Kalah Memanjakan Mata Pengunjungnya!!!


   Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga didalamnya terdapat beribu pulau dan aneka macam tempat wisata yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, salah satunya di Jepara. Jepara merupakan kota di Jawa Tengah yang terkenal memiliki banyak tempat wisata yang eksistensinya sudah terkenal se-Indonesia. salah satu tempat wisata di Jepara yang terkenal yaitu Taman Nasional Karimunjawa.

   Taman Nasional Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari 22 pulau. Taman ini dulunya pulau biasa namun sekarang pulau ini diilindungi dan digunakan sebagai tempat wisata, taman ini mempunyai luas 111.625 hektar dan ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut. Meski tempat ini sangat dilindungi namun didalamnya masih terdapat permasalahan. Permasalahan yang saat ini terlihat yaitu dalam sistem pengelolaan kawasan Taman Nasional Karimunjawa yaitu perlindungan ekosistem perairan laut. Semua permasalahan tersebut terjadi karena wilayah tersebut merupakan salah satu tempat dari tiga pusat pembudidayaan perikanan yang diandalkan di Jawa Tengah, dan faktanya sebagian besar penduduknya yang berjumlah lebih dari 8.800 jiwa berprofesi sebagai nelayan yang menggantungkan hidupnya pada sumber daya perikanan. Oleh karena itu sumber daya perikanan menjadi sumber pencaharian dalam pengembangan perekonomian di kawasan ini. Permasalahan yang sedang terjadi di wilayah tersebut dikarenakan pemanfaatan sumber daya perikanan yang cenderung berlebihan (over fishing) terutama pada jenis ikan pelagis kecil,  penangkapan ikan yang merusak ekosistem terumbu karang yaitu dengan menggunakan apotas atau sianida maupun jaring dapat merusak terumbu karang.

   Saat ini Taman Nasional Karimunjawa dikelola oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa yang memiliki tugas utama yaitu melaksanakan pengelolaan ekosistem kawasan Taman Nasional Karimunjawa dalam rangka konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku. Dalam pengkerjaannya kawasan ini, banyak tantangan bagi pengelola untuk memadukan konservasi dan pembangunan ekonomi yang memerlukan dukungan seluruh pihak untuk meningkatkan dan menjaga ekosistem di dalamnya.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==