7 SUMMIT JAWA BARAT

Wilayah negara Indonesia dikenal sebagai wilayah cincin api yaitu wilayah yang sering mengalami gempa bumi akibat letusan gunung api, makanya tidak heran jika di Indonesia banyak terdapat gunung-gunung tinggi yang tersebar di setiap provinsinya.
Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beberapa gunung tinggi yaitu Jawa Barat. Selain itu, gunung-gunung di Jawa Barat juga terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, makanya banyak gunung di Jawa Barat jadi sasaran para pendaki.
Dalam dunia pendakian gunung, terkenal istilah “Seven Summits” yang berarti tujuh puncak gunung tertinggi, nah berikut ini adalah “Seven Summits”nya di jawa barat. Lantas gunung apa saja yang termasuk gunung tertinggi di Jawa Barat? berikut ulasannya

7. Gunung Malabar – Bandung (2,343 Meter)
Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2,343 Meter diatas permukaan air laut ini berada di selatan kabupaten Bandung. Malabar adalah salah satu puncak yang dimiliki pegunungan ini, puncak lainnya yaitu Puncak Mega, Puncak Puntang, dan Puncak Haruman.
Gunung Malabar memiliki beberapa kawasan hutan diantaranya Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montana, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

6. Gunung Patuha – Bandung (2.386 Meter)
Gunung Patuha adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat yang terletak di selatan kota Bandung, ketinggiannya mencapai 2.386 meter diatas permukaan air laut. Gunung ini mempunyai kawah putih yang eksotis hasil dari letusan gunung tersebut.
Selain itu, di Gunung Patuha juga terdapat hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

5. Gunung Papandayan – Garut (2.665 Meter)
Gunung Papandayan terletak di kabupaten Garut, tepatnya di kecamatan Cisurupan. Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 2.665 Meter ini termasuk salah satu gunung yang ramah terhadap para pendaki di Indonesia.
Selain mudah diakses karena kualitas jalan aspal yang cukup baik, Gunung Papandayan juga memiliki beranekaragam keindahan alam yang menakjubkan seperti kawasan kawah yang indah, hutan mati, sampai tegal alun.
Keunikan lainnya, pendakian Gunung Papandayan di mulai dari tempat yang sudah tinggi yaitu 2.200 meter diatas permukaan air laut.

4. Gunung Cikuray – Garut (2.818 Meter)
Garut memang dikenal sebagai kota yang memiliki banyak tempat wisata alam seperti pantai dan gunung yang memiliki pemandangan alam yang indah, salah satunya gunung Cikuray yang merupakan gunung tertinggi di Garut.
Gunung yang berada diantara perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung ini adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat keempat dengan ketinggian mencapai 2.818 Meter diatas permukaan air laut.
Untuk mencapat gunung ini bisa ditempuh dengan kendaraan umum dari kota Bandung atau dari Tasikmalaya menuju ke terminal Guntur, kemudian diteruskan dengan angkutan kota menuju ke jalur pendakian.

3. Gunung Gede – Bogor, Cianjur dan Sukabumi (2.958 Meter)
Gunung yang masih satu wilayah dengan Gunung Pangrango adalah gunung tertinggi di Jawa Baratke tiga dengan ketinggiannya mencapai 2.958 Meter diatas permukaan air laut.
Untuk mendaki gunung ini bisa dilakukan lewat beberapa jalur di beberapa pintu masuk taman nasional seperti jalur Cibodas di Cianjur, jalur Cipanas Gunung Putri di Cianjur, jalur Selabintana di Sukabumi.
Untuk jalur yang paling ramai adalah jalur Gunung Putri dan jalur Cibodas, sedangkan jalur Selabintana sepi, hal ini disebabkan jalur Selabintana memiliki trek yang panjang dan agak curam.

2. Gunung Pangrango – Bogor, Cianjur dan Sukabumi (3.019 Meter)
Gunung Pangrango adalah kembarannya Gunung Gede, tapi Gunung Pangrango lebih tinggi daripada Gunung Gede yaitu mencapai 3.019 meter diatas permukaan air laut dan juga masuk taman nasional Gede Pangrango.
Jadi jalur pendakian gunung ini pun sama dengan jalur pendakian Gunung Gede jalur Cibodas di Cianjur, jalur Cipanas Gunung Putri di Cianjur, jalur Selabintana di Sukabumi. 

1. Gunung Ciremei – Kuningan, Cirebon dan Majalengka (3.078 Meter)
Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa Barat yang ketinggiannya mencapai 3.078 meter diatas permukaan air laut. Gunung ini terletak di tiga kabupaten di Jawa Barat yaitu Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.
Saat ini Gunung Ciremai masuk wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) yang luas totalnya mencapai 15 ribu hektar. Selain itu dipuncaknya ada kawah dengan kedalaman yang bisa membuat jantung berdebar-debar.
Gunung Ciremai memiliki tiga jalur pendakian yaitu jalur palutungan yang berada di kabupaten kuningan, jalur apuy di kabupaten Majalengka, dan linggarjati. Nah, itulah 7 gunung tertinggi di Jawa Barat, atau “Seven Summits”nya di Jawa Barat

sumber: wowasiknya.com
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==