Tidak Hanya Sebagai Bumbu Dapur Ternyata Bawang Merah Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan Loh


Bawang merah merupakan jenis umbi berlapis yang tumbuh di dataran tinggi. Memang mayoritas orang di Indonesia sudah sering mengkonsumsi bawang merah yang digunakan untuk memasak dan salah satu bahan yang wajib ada di dapur. Namun sebagaian besar masyarakat belum mengetahui bahwa bawang merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Simak yuk apa saja sih manfaat bawang merah untuk kesehatan .
            Kandungan zat gizi yang terdapat pada bawang merah yaitu meliputi :
1.      Bawang merah memiliki kandungan kalori yang rendah, yaitu 28 gram bawang merah  hanya mengandung 11 kalori saja.
2.      Bawang merah sebagian besar terdiri dari karbohidrat, air, dan tidak mengandung lemak sama sekali.
3.      Bawang merah juga mengandung vitamin yaitu vitamin C dan vitamin B6.
4.      Jenis mineral yang paling banyak terdapat pada bawang merah yaitu mineral kromium. Mineral kromium itu sendiri adalah mineral yang berperan penting dalam mengontrol gula darah, kesehatan jantung , berat bdan dan juga kesehatan otak.

Berikut ini  manfaat bawang merah untuk kesehatan
1.      Dapat mencegah kanker
Bawang merah memiliki zat quercetin yaitu zat yang membuat warna merah gelap pada bawang merah dan termasuk zat antioksidan yang berperan dalam proses radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker.
2.      Dapat menurunkan tekanan darah
Ternyata dengan memilki kandungan zat quercetin yang cukup tinggi juga dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi.
3.       Dapat menormalkan kadar gula darah
Dengan mineral kromium yang terdapat pada bawang merah membantu meningkatkan kadar insulin serta membantu proses glukosis pada penderita penyakit diabetes sehingga dapat menurunkan kadar gula darah.
4.      Dapat menurunkan kolestrol tubuh
dengan kandungan zat antioksidan dan zat bioaktif yang terdapat pada bawang merah dapat menurunkan jumlah lemak dalam tubuh sehingga kolestrol berkurang.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==