WAJIIBB DIKETAHUI !!! PENTINGNYA IMUNISASI BAGI ANAK DAN BALITA

Imunisasi merupakan suatu perlindungan yang wajib diberikan untuk anak-anak. Imunisasi atau vaksin adalah usaha yang harus dilakukan untuk melindungi anak dari berbagai penyakit akibat virus atau bakteri. Setiap jenis imunisasi atau vaksin memiliki periode dan tahapan tersendiri. Sebaiknya memberikan imunisasi tepat waktu, sesuai yang disarankan. Mengabaikan imunisasi dapat membahayakan kesehatan anak dan juga balita. Untuk imunisasi dapat dilakukan di pusat kesehatan yang ada di Indonesia, sudah dapat dijamin kehalalannya. Hal tersebut sudah ditegaskan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sementara efek samping setelah imunisasi, seperti demam dan rewel, adalah hal yang wajar. Hal tersebut justru menunjukkan bahwa vaksin yang diberikan sedang bekerja pada tubuh. Daya tahan tubuh anak yang belum sempurna, membuat anak sangat mudah untuk tertular penyakit. Hal inilah yang berusaha dicegah dengan pemberian imunisasi. Tubuh anak yang tidak dilindungi oleh imunisasi, akan menyebabkan anak mudah terserang penyakit. Manfaat   penting mengenai imunisasi adalah :
  • Imunisasi itu dapat merangsang tubuh untuk membentuk system kekebalan,sehingga ketika ada bibit penyakit yang mencoba nenyerang tubuh maka tubuh akan mencoba melawannya secara otomatis.
  • Badan penelitian diberbagai negara sudah membuktikan bahwa dengan meningkatkan cakupan imunisasi maka penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi dapat berkurang secara bermakna.
  • Dengan imunisasi rutin dan imunisasi serentak diberbagai daerah diindonesia,dapat mencegah mewabahnya penyakit. Meski imunisasi tidak menjamin 100 persen, tetapi imunisasi dapat memberikan kekebalan tambahan pada tubuh anak.
Beberapa imunisasi yang wajib diberikan untuk anak adalah imunisasi polio, BCG, Hepatitis B, DPT, Campak, dll. Dengan memberikan imunisasi-imunisasi tersebut, maka Anda telah memberikan hak dan melindungi kesehatan anak sejak dini.
Berikut beberapa jenis vaksin imunisasi lengkap dan manfaat  imunisasi yang diberikan antara lain :
  1. Imunisasi hepatitis B : Pemberian vaksinasi hepatitis B ini berguna serta bermanfaat dalam rangka untuk mencegah virus Hepatitis B yang dapat menyerang dan merusak hati dan bila hal itu terus terjadi sampai si anak dewasa akan menyebabkan timbulnya penyakit kanker hati.
  2. Imunisasi BCG : Pemberian vaksinasi BCG (Bacillus Celmette-Guerin) dan juga imunisasi BCG ini bermanfaat dan berguna dalam rangka untuk mencegah timbulnya penyakit TBC. Dilakukan sekali pada bayi dengan sebelum usia 3 bulan. Imunisasi DPT : imunisasi ini diberikan dalam rangka dan bermanfaat untuk pencegahan terjadinya penyakit Difteri, Pertusis dan Tetanus.
  3. Imunisasi Polio : Imunisasi ini diberikan melalui oral (mulut) dan manfaat imunisasi polio ini untuk mencegah penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan atau kecacatan. Imunisasi diberikan sebanyak 4 kali, yaitu saat bayi berusia 1 sampai 4 bulan.
  4. Imunisasi Campak : pemberiannya dimulai saat usia bayi 9 bulan dengan Tujuan pemberian imunisasi adalah mencegah penyakit campak. Pemberiannya dapat diulang pada saat anak masuk SD atau mengikuti program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) yang dicanangkan pemerintah.
Masih ragukan para orangtua untuk memberikan imunisasi kepada buah hati anda ? Marilah segera bawa sikecil untuk imunisasi dan sesuai kan jadwal imunisasi secara benar agar buah hati kita dapat terhindar dari bebagai penyakit yang tidak kita inginkan. Bukan kah mencegah lebih baik dari pada mengobati. 


Sumber : http://dalduksulbar.com/wp/manfaat-imunisasi-bagi-anak-dan-balita/
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==