WARNA BIBIR DAPAT MENUNJUKKAN KONDISI KESEHATANMU SEKARANG


Bibir yang kering dan pecah-pecah merupakan permasalahan bibir yang paling umum terjadi. Namun, pernahkah Anda memperhatikan adanya perubahan pada warna bibir? Sejak jaman dahulu, dunia pengobatan tradisional Cina mempercayai bahwa bibir adalah jendela untuk mengetahui kesehatan tubuh secara menyeluruh. Warna bibir rupanya dapat menjadi indikator seberapa sehatnya tubuh seseorang. Karena perubahan warna bibir berkaitan dengan darah, organ, maupun suhu tubuh Anda.

1. Merah Gelap Kehitaman

Warna bibir yang gelap umumnya dimiliki oleh para perokok berat. Namun, jika Anda tidak merokok dan memiliki warna bibir yang gelap, hal tersebut menunjukkan bahwa sistem pencernaan Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Biasanya, sistem pencernaan mengalami kelebihan “beban” makanan sehingga menyebabkan penyakit seperti sembelit, diare, atau asam lambung. Untuk mengatasinya, Anda dapat perbanyak konsumsi yoghurt, ubi jalar, sayuran kaya serat, atau rutin mengonsumsi air hangat dengan perasan jus lemon untuk mengatasinya. Hindari makanan olahan dan junk food hingga pencernaan Anda menemukan keseimbangannya kembali.

2. Merah Terang

Bibir yang berwarna merah secara alami merupakan warna bibir yang sehat. Namun, jika bibir Anda berwarna merah yang sangat terang, ini merupakan pertanda bahwa ada masalah pada liver Anda. Hal ini biasanya turut disertai dengan bau mulut dan keinginan untuk makan terus menerus. Makan makanan yang pahit dapat membantu untuk membersihkan liver Anda, seperti teh bunga dandelion, chrysanthemum tea, dan pare. Anda juga dapat memperbanyak konsumsi seledri dan madu yang baik untuk meringankan kerja keras liver Anda. Selain itu, tidur yang cukup dan beraktivitas yang dapat meredakan stres seperti olahraga turut membantu untuk memulihkan kondisi kesehatan tubuh.

3. Pucat

Apakah Anda sering mengalami pusing, lemas, dan memiliki bibir yang berwarna pucat? Jika ya, itu adalah tanda-tanda Anda mengidap anemia, yaitu kondisi berkurangnya jumlah sel darah merah di dalam darah. Anda dapat mulai mengatasinya dengan memperbanyak konsumsi makan yang kaya zat besi, seperti daging merah dan sayuran hijau. Selain itu, pengobatan tradisional Cina percaya bahwa bibir yang pucat diakibatkan oleh banyaknya akumulasi ‘yin’ atau energi dingin di dalam tubuh Anda. Anda dapat mengonsumsi daging domba, labu, kerang, dan buah raspberry untuk menormalkan kembali suhu tubuh Anda.

4. Merah Ungu atau Kehijauan

Saat berada di kondisi sangat dingin, bibir manusia secara normal akan berubah warna menjadi merah ungu atau kehijauan. Namun, jika Anda berada di dalam kondisi yang normal tetapi memiliki bibir berwarna merah ungu atau kehijauan, hal ini dapat mengindikasikan adanya masalah pada jantung dan sistem pernapasan Anda. Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk segera konsultasi kepada dokter ahli.

5. Merah Tua atau Agak Ungu di Sekitar Garis Bibir

Warna merah tua atau agak ungu yang muncul di sekitar garis bibir menandakan bahwa Anda sedang menderita panas dalam atau suhu tubuh sedang tidak seimbang. Dengan kata lain, tubuh Anda membutuhkan asupan pangan yang netral untuk membuat suhu tubuh menjadi normal kembali. Solusinya Anda perlu menghindari makanan yang sangat panas atau sangat dingin, sekaligus perbanyak makanan yang bersifat netral seperti kentang, wortel, kacang almond, ikan, dan buah aprikot. Terakhir, jangan lupa beristirahat yang cukup dan kontrol rasa stres Anda.

Sumber: https://journal.sociolla.com/
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==