Tips Ampuh Mengatasi Anak yang Susah Makan

Umumnya, masalah susah makan terjadi saat si kecil memasuki fase batita. Setelah sepenuhnya lepas dari ASI dan mulai rutin mengonsumsi makanan padat, ia pun semakin kenal dengan beragam,jenis rasa makanan maupun minuman. 
Pada tahapan ini, si kecil mulai mengembangkan preferensi terhadap makanan, yakni mampu memilih makanan yang lebih ia sukai dan yang tidak terlalu ia sukai. Tak sedikit orang tua yang kemudian frustrasi dan kebingungan mencari cara mengatasi anak  susah makan.
Ketika si kecil terus menolak melahap makanan yang Mam hidangkan, suasana bisa berubah menjadi menegangkan. Si kecil kesal karena terus “dipaksa” menyantap makanan yang tidak ia suka, sedangkan Mam khawatir ia akan kekurangan nutrisi akibat pilih-pilih makanan. Bila sudah begini, aktivitas makan pun menjadi tidak menyenangkan lagi, dan justru penuh tekanan.
Untuk mengurangi kekhawatiran  akan asupan nutrisi anak ini, berikut ada beberapa Tips Ampuh untuk menghadapi Anak yang Susah Makan , diantaranya adalah :
1.      Jangan jadikan setiap waktu makan menjadi ajang pertengkaran
Anak yang pemilih soal makanan, sering membuat orangtua kesal. Namun cobalah untuk bersabar, dan tidak memaksanya menyantap makanan yang tidak dia suka. Karena dampaknya bisa lebih buruk. Mungkin tidak mudah bagi Mam untuk melakukannya, tapi jika kebiasaannya yang pemilih dalam makanan bisa memicu gangguan pola makan, maka Mam harus lebih berhati-hati dalam menghadapi kebiasaan makannya yang rewel.
2.      Buat catatan tentang apa saja yang dimakan anak dalam sehari
Tanyakan pada semua orang yang ditemui anak hari itu. Apa saja yang ia makan, termasuk cemilan. Maka Mam akan mendapat data apa saja yang dimakan anak dalam sehari.
Menghadapi anak susah makan harus ekstra sabar. Jika dia tidak mau makan makanan yang Bunda sajikan, belum tentu dia tidak makan seharian.
3.      Sediakan kudapan tinggi kalori untuk cemilannya
Untuk memastikan dia tetap dapat asupan energi sepanjang hari, meski tidak makan di waktu makan. Mam perlu menyediakan kudapan tinggi kalori yang bisa dia makan kapanpun dia mau.
Contoh kudapan tinggi kalori ialah selai kacang, keju, kacang-kacangan dan juga buah. Jadi, tak mengapa anak susah makan saat disuruh makan nasi. Menghadapi anak susah makan bisa diakali dengan menyediakan buah kesukaan si kecil. Agar asupan kalorinya tetap terjaga meski tidak makan nasi.
4.      Rencanakan menu lengkap yang berbeda setiap hari
Kreasikan menu unik dengan penyajian menarik yang bisa merangsang anak untuk makan. Pastikan menu yang Anda buat mengandung makanan yang ia suka, sehingga anak lebih senang memakannya.
5.      Minta bantuan, jika memang Anda membutuhkannya
Apabila Mam sudah tidak kuat menghadapi anak susah makan, atau si kecil semakin membandel saat disuruh makan. Mintalah bantuan Ayah atau orang dewasa lainnya yang bisa membuat si kecil menurut.
Akan tetapi, jika dokter mengatakan tidak ada keterlambatan dalam tahapan tumbuh kembang si kecil, maka Mam tidak perlu terlalu memaksakan agar dia mau makan. Dan jangan gampang menyerah dengan keinginan anak makan junk food, karena tidak sehat.
6.      Jangan menyuruhnya makan
Anak seringkali melakukan hal yang berkebalikan dengan apa yang disuruh orangtua. Karena itu, cobalah menggunakan taktik dengan melarangnya makan. Atau tidak menyuruhnya makan sama sekali.
7.      Turuti kemauan anak
Menghadapi anak susah makan tidak bisa dengan paksaan. Kita tahu bahwa dia butuh nutrisi makanan seimbang. Namun bukankah sayang jika makanan malah terbuang karena dia tidak mau makan.
Karena itu, tidak ada salahnya menuruti keinginan anak, tentang apa yang mau dia makan hari itu. Mungkin hari ini dia hanya ingin makan yang manis-manis saja, dan besok dia hanya ingin makanan berkuah. Ikuti saja mood anak tentang makanan, karena dipastikan dia tidak akan makan hal yang sama setiap hari.
8.      Suplemen
Memberi suplemen makanan untuk anak bisa jadi tips ampuh untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Pilih suplemen bentuk sirup atau permen jeli yang disukai anak-anak. Lebih bagus lagi jika suplemennya mengandung temulawak yang bisa menambah nafsu makan.
9.      Jangan membanding-bandingkan
Jangan merasa sedih melihat anak lain makan dengan lahap. Atau jika ada orang yang berkomentar kenapa anak Anda kurus. Jangan sampai anak merasa dia memiliki masalah pola makan hanya karena komentar tersebut.
10.  Berikan contoh
Jika Orang tua ingin anak makan sayur, maka Anda juga harus makan sayur. Berikan contoh yang bisa diteladani anak, makan brokoli di piring Anda agar dia juga mau makan brokoli di piringnya.

Nah, Mam sekarang sudah tahu kan apa saja yang harus dilakukan saat menghadapi anak susah makan? Tidak perlu menggunakan paksaan, pastikan saja anak mendapat asupan nutrisi dengan menyediakan cemilan sehat, atau susu untuk dikonsumsi anak saat dia lapar.
Jangan lupa berikan suplemen, dan turuti kemauan mood makan anak. Selama tumbuh kembangnya sehat dan tidak ada masalah kesehatan, anak yang pemilih saat makan bukanlah hal yang harus dicemaskan.
Sumber : https://id.theasianparent.com/10-cara-jitu-menghadapi-anak-susah-makan/

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==