Sepatu anda licin dan bikin meleset? Yuk ikuti tips ini.




Beberapa dari kalian mungkin pernah merasakan mempunyai sepatu yang licin. Memiliki sepatu yang licin mungkin akan menjadi sangat menyusahkan bagi kita. Karen saat kita berjalan menjadi tidak nyaman, takut terjatuh atau tergelincir. Nah kali ini saya akan berbagi tips agar sepatu tidak licin, cek it dot.

Gesekkan sol Anda di atas permukaan yang kasar. Jika sepatu bersol licin ini adalah sepatu “baru”, mungkin ini terjadi karena sol dari sepatu tersebut masih halus sempurna akibat belum digunakan sama sekali. Sol sepatu biasanya akan terasa lebih berdaya cengkeram ketika mulai menipis dan lecet, karena hal-hal ini membuat sepatu lebih nyaman dan mantap untuk menginjak permukaan lantai. Selain itu, menggesekkan sol sepatu hingga lecet sering kali dapat meningkatkan daya pengeremannya.
  • Untuk "merusak" sol baru hingga lecet, cobalah berjalan di permukaan yang kasar, misalnya:
    • Beton (semakin kasar, semakin baik)
    • Kerikil
    • Berbagai jenis batu-batuan, kecil maupun besar
    • Logam bertekstur, trotoar, dll.
  • Jika Anda tidak malu atau keberatan, Anda dapat juga melepaskan sepatu dan menggesek-gesekkan solnya dengan tangan Anda di permukaan yang kasar.
Amplas sol sepatu Anda. Anda tidak dapat menemukan permukaan yang kasar? Anda khawatir akan terpeleset ketika menggesekkan sol sepatu Anda agar lecet dan aus? Cobalah gunakan amplas. Lepas sepatu Anda dan gosok bagian yang paling halus dari sol sepatu Anda yang menyenuh lantai hingga menjadi lebih kasar, dan terasa lebih bertekstur.
  • Untuk hasil yang lebih baik, gunakan amplas yang kasar (bukan yang semi halus). Namun, jika Anda hanya memiliki amplas yang semi halus, ini tetaplah lebih baik daripada tidak menggunakan amplas sama sekali. Jika memungkinkan, gunakan amplas 50-grit.
  • Perhatikan bahwa cara ini belum tentu berhasil pada sol sepatu jenis tertentu, apalagi yang dibuat dari bahan bertekstur "alami" yang menyerupai kardus, yang sering digunakan pada sebagian sandal dan sepatu beralas datar
Gunakan kikir kuku. Jika Anda tidak memiliki amplas, kikir kuku atau peralatan yang serupa dapat berguna juga. Gunakan dengan cara yang sama seperti Anda menggunakan amplas. Gosokkan kikir pada bagian halus dan datar dari sepatu Anda yang akan menginjak lantai, untuk menghasilkan sedikit tekstur.
  • Kikir logam biasanya paling bertahan lama dan cocok untuk proses ini, namun Anda dapat juga menggunakan kikir kuku berbahan karton biasa. Sama seperti amplas, pilihan yang terbaik adalah kikir yang memiliki permukaan kasar.
Kenakan sepatu Anda dan tunggu hingga sol aus dengan sendirinya. Cara lain untuk membuat sepatu Anda tidak licin adalah mengenakannya sesering mungkin. Setelah beberapa hari hingga beberapa minggu (tergantung dari berapa sering Anda mengenakan sepatu), berjalan kaki saja dapat membuat sol sepatu Anda tidak terlalu licin lagi.
  • Jika Anda menggunakan cara ini, cobalah untuk berganti sepatu jika Anda akan berada pada situasi yang sangat berisiko untuk terpeleset (dansa, berjalan di bawah hujan, dan lain-lain.) Anda tentu tidak ingin mencederai diri sendiri hanya karena berusaha membuat sepatu Anda lebih nyaman untuk dipakai.
Gunakan cat timbul. Cat timbul (dalam bahasa Inggris disebut "dimensional fabric paint") adalah jenis cat yang sering digunakan untuk karya seni dan kerajinan anak-anak, seperti membuat kaus. Ketika cat timbul mengering, hasilnya akan bertekstur kasar dan ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk menambahkan daya cengkeram pada sol sepatu Anda. Bubuhkan sedikit cat timbul pada sol sepatu Anda, biarkan mengering selama beberapa jam, lalu uji hasilnya!
  • Meskipun cat timbul dapat bertahan lebih lama daripada hairspray, cara ini tetap perlu diulangi sewaktu-waktu agar efektivitasnya tetap maksimal.
  • Jika Anda memiliki waktu, pertimbangkan untuk mengecat desain tertentu pada sepatu Anda. Ini adalah cara yang hebat untuk membuat sepatu Anda terlihat unik sekaligus untuk mengekspresikan kreativitas Anda
Gunakan plakban. Pilihan yang sederhana untuk menambahkan daya cengkeram pada sepatu Anda adalah dengan menempelkan beberapa potong plakban pada sol sepatu Anda. Tempelkan dua rol plakban membentuk huruf “X” di bagian pinggir dan datar pada sol sepatu Anda, untuk menghasilkan efek yang maksimal.
  • Ingatlah bahwa plakban dapat kehilangan daya rekatnya dengan cepat, maka Anda mungkin perlu menambahkan lapisan plakban.
Gunakan Lem Bakar Lem bakar selain fungsinya untuk  merekatkan benda juga dapat digunakan untuk membuat agar sepatu tidak licin. Caranya yaitu dengan menempelkan lem bakar yang meleleh di sol sepatu bawah, tidak perlu banyak-banyak, di beberapa titik saja. Tunggu sampai lem mengering.
Ya, itu tadi adalah tips membuat sepatu tidak licin. Selamat mencoba gaesss

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==