RAHASIA! 5 Candi Tersembunyi di Kota Yogyakarta


Bukan rahasia lagi kalau provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal akan daerah wisatanya. Yogyakarta seolah tak pernah membuat kita bosan untuk selalu berkunjung. Tak hanya pantai, Malioboro dan pusat kuliner saja, Yogyakarta juga terkenal akan candi-candi istimewanya. Dengan arsitektur mewah kuno khas kerajaan Hindu dan Budha, 5 candi ini jadi pilihan destinasimu.
1. Candi Ijo
Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian bercorak Hindu. Candi ini berada empat kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kita-kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. Disebut Candi Ijo karena candi yang dibangun sekitar abad ke-9 itu dibangun di sebuah bukit yang dikenal Bukit Hijau atau Gumuk Ijo. Nama desa Ijo pertama kali disebutkan di dalam Prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi. Dalam prasasti tersebut ditulis tentang seorang hadirin upacara yang berasal dari desa Wuang Hijau. Jika benar demikian maka nama Ijo setidaknya telah berumur 1110 tahun hingga tahun ini.
2. Candi Prambanan
Siapa yang gak tahu Candi Prambanan? Candi ini memang menjadi candi yang paling terkenal di Yogyakarta. Candi Prambanan terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan, kurang lebih 17 kilometer ke arah timur dari Yogyakarta. Tepatnya di Desa Prambanan, Kecamatan Bokoharjo. Lokasinya hanya sekitar 100 meter dari jalan raya Yogya-Solo, sehingga tidak sulit untuk menemukannya.
3. Candi Gebang
Candi Gebang terletak di daerah Condongcatur. Tepatnya di sebelah selatan desa Gebang, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Kurang lebih 11 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Penemuan candi Hindu ini berawal dari ditemukannya patung Ganesha oleh penduduk setempat pada bulan November 1936.
4. Candi Sambisari
Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya 15 kilometer ke arah timur laut. Candi Sambisari yang merupakan candi Hindu beraliran Syiwa ini diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9 oleh Rakai Garung, seorang Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra.
5. Candi Ratu Boko
Candi Boko terletak sekitar tiga kilometer ke arah selatan dari Candi Prambanan atau sekitar 19 kilometer ke arah selatan dari kota Yogyakarta. Kawasan Candi Ratu Boko yang berlokasi di atas sebuah bukit dengan ketinggian kurang lebih 195.97 meter di atas permukaan laut. Lokasi ini meliputi dua desa yaitu Desa Sambirejo dan Desa Dawung.

Sumber : https://www.idntimes.com/travel/destination/tita/10-candi-tersembunyi-di-yogyakarta-yang-bisa-kamu-kunjungi-dalam-waktu-sehari-saja


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==