Pingit? apa artinya? WAWWWW inilah fakta nya mengejutkan

Pingit? apakah kalian tau pingit itu apa? baik atau buruk kah? yuk simak
Pingitan ini memiliki tujuan yang baik. Tujuannya yaitu menjaga kedua mempelai dari marabahaya dengan cara ‘dipingit’. Dipingit disini berartiyaitu kedua calon pengantin dilarang bertemu hingga hari H pernikahan loh, waaaaw. Dan khususnya calon pengantin perempuan, dilarang untuk beraktivitas keluar rumah apalagi pergi ke mall.
Kepercayaan dari pingitan itu sendiri yaitu calon pengantin memiliki ‘darah manis’, sehingga rentan akan gangguan yang sifatnya tidak terlihat. Maka untuk menjaga hal tersebut, prosesi pingitan pernikahan adat jawa dilakukan semestinya. Selain itu, calon pengantin perempuan juga akan terlihat ‘manglingi’ pada saat pernikahan hari H berlangsung, hal ini dikarenakan aura calon pengantin perempuan lebih terpancar.
Prosesi pingitan pernikahan adat jawa ini, bisa dilakukan dalam tempo waktu yang berbeda-beda. Jika dahulu dilakukan hingga sebulan sebelum hari H, maka saat ini calon pengantin lebih banyak memilih untuk dipingit seminggu sebelum hari H.

Tahukah kamu apa saja yang bisa dilakukan seorang perempuan selama masa proses pingitan?

Mengisi waktu pingitan bagi seorang perempuan, dapat dilakukan dengan berbagai cara yang seru dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan merawat diri. Merawat diri merupakan keharusan untuk seorang calon pengantin perempuan, agar katanya ‘wangi’ saat hari H.

Perawatan dilakukan dengan ramuan tradisional yang diramu khusus untuk perempuan. Mulai ramuan perawatan khusus tubuh hingga minuman tradisional yang wajib diminum. Mempelai perempuan juga disarankan untuk berpuasa, tujuannya agar pada saat hari H nanti, mempelai perempuan tampil cantik sehingga membuat pangling orang yang menyaksikannya.
Lalu, bagaimana dengan prosesi pingitan di zaman sekarang?

Kita tau saat ini perempuan tidak seperti jaman dahulu yang sulit untuk keluar rumah. Perempuan saat ini juga memiliki aktivitas yang padat, seperti bekerja. Belum lagi persiapan pernikahan seperti meeting vendor dan juga gladi resik keluarga, membuat prosesi pingitan sulit dilakukan.

Prosesi pingitan pernikahan adat jawa saat ini menjadi sebuah pilihan yang bisa kamu tentukan sendiri untuk dilakukan atau tidak. Karena bukan lagi menjadi suatu kewajiban. Ada baiknya kamu merundingkan dahulu dengan keluarga, jika memang mempunyai waktu cukup untuk prosesi pingitan tidak ada salahnya kamu lakukan sebagai sebuah penghormatan budaya. Namun, jika waktu persiapan prosesi pingitan kamu sangat mepet sekali, sehingga tidak memungkinkan melaksanakan pingitan hal itu tidak jadi masalah, namun pastikan semuanya atas izin keluarga ya.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==