Pakaian Anda Kelunturan??? Berikut Tips Jitu Mengatasinya!!!


Cara Mudah Hilangkan Noda Luntur Pada Pakaian
Mencucui sudah menjadi kegiatan keseharian, terutama bagi ibu rumah tangga. Tapi terkadang kegiatan mencuci menjadi sangat menyebalkan ketika baju kita mengalami kelunturan sehingga menodai baju-baju lainnya. Baju yang sering luntur biasanya baju-baju baru yang baru pertama kali dicuci. Nah kali ini saya akan kasih tips-tips sederhan cara menghilangkan noda luntur pada pakaian. Tips nya antara lain sebagai berikut
Pemutih tanpa klorin. Produk ini tentu digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian berwarna putih. Pemutih dapat menghilangkan luntur pada baju putih secara efektif. Namun, larutan ini bisa menjadi terlalu kuat untuk pakaian berbahan lembut. Pastikan label pakaian Anda memuat simbol pemutih.Rendamlah pakaian Anda yang terkena noda luntur di dalam mesin cuci. Masukkan cairan pemutih dalam satu takaran tutup botol pemutih.  Atau, jika Anda mencuci dengan tangan, masukkan satu tutup botol pemutih ke dalam satu ember air dingin. Celupkan pakaian yang terkena noda luntur ke dalam larutan tersebut hingga 1-2 jam sebelum dicuci seperti biasa. Ikuti instruksi pada botol pemutih untuk mengetahui rincian takaran dan panduan keselamatan.
Deterjen cair Isi baskom dengan air panas. Pastikan panasnya tidak melebihi yang disarankan pada label pakaian Anda. Tuangkan deterjen cair ke dalamnya. Rendam pakaian selama sedikitnya 30 menit, paling lama tiga jam,  sebelum mencucinya di mesin cuci. Cuci pakaian dengan suhu terpanas tanpa merusak pakaian. Ulangi proses ini jika noda masih ada.
 Penghapus noda, Ada banyak produk penghilang noda yang diformulasikan khusus menghilangkan noda luntur. Pilihlah yang aman untuk bahan pakaian Anda dan selalu ikuti petunjuk di kemasan.
Cairan pelarut, Cara ini dapat dilakukan untuk pakaian berwarna yang terkena luntur. Cairan pelarut seperti alkohol gosok bisa menjadi solusi untuk menghilangkan noda luntur  pada pakaian berwarna Anda. Teteskan cairan ini pada kain lap putih dan tekan-tekan pada bagian yang ternoda. Anda bisa melihat noda luntur mulai memudar. Ketika sudah bersih, bilas pakaian dengan air hangat sebelum mencucinya seperti biasa. UIangi langkah ini hingga noda benar-benar hilang.
Larutan vetsin dan detergen, Campur detergen dengan vetsin dengan perbandingan 2 : 3. Tambahkan air panas, sesuaikan dengan pakaian yang akan Anda rendam. Setidaknya Anda harus memastikan pakaian berwarna tadi cukup terendam secara utuh dalam air rendaman. Diamkan selama 30 menit dan kucek. Kemudian cuci lagi dengan detergen murni dan bilas.
Larutan cuka asam, garam dan detergen, Anda juga bisa memanfaatkan satu lagi bahan di dapur Anda, yakni cuka asam. Tambahkan garam dan detergen dengan rasio cuka yang sama banyaknya dengan sabun detergen. Tambahkan air panas ke dalam ember hingga  seluruh bagian pakaian terendam. Bila tidak terendam semua, maka noda luntur akan berberak ke arah bagian yang tidak terendam. Diamkan pakaian di dalam ember selama 30 menit dan lihat hasilnya setelah Anda bilas.
Larutan citrun dengan detergen Bubuk citrun ini terkenal sangat efektif dalam mengatasi noda, termasuk noda luntur dan noda tinta yang biasanya sangat sulit teratasi.Cukup dengan memadukan bubuk citrun dengan detergen dan air yang cukup untuk merendam pakaian hingga seutuhnya terendam. Diamkan selama 30 menit dan cuci kembali dengan detergen, kemudian bilas. Akan lebih baik kalau Anda menambahkan sesendok makan garam yang akan menambah kinerja larutan tadi.
Baking soda, Bila noda luntur yang Anda hadapi belum parah, hanya mengenai beberapa bagian dengan warna yang tidak terlalu mencolok, maka Anda perlu tau kalau Anda juga bisa mengatasi noda luntur tadi dengan campuran detergen dengan baking soda. Meski tidak seefektif cairan asam atau vetsin, cara ini juga cukup banyak diminati karena bahannya lebih mudah dicari dan mudah didapatkan.
Alkohol, Kalau noda luntur yang Anda hadapi berasal dari tinta, salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkannya adalah dengan penggunaan cairan alkohol. Cairan ini bisa Anda gosokan dulu pada noda hingga memudar. Kemudian sebelum cairan alkohol mengering, segera celupkan dan kucek pakaian dalam cairan sabun detergen. Lakukan beberapa kali hingga akhirnya bersih sempurna.
Cairan aseton pembersih kuteks, Kalau Anda menyimpan aseton atau pembersih kuteks di rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan noda luntur. Caranya aplikasikan cairan aseton pada noda di atas pakaian. Diamkan selama setengah jam. Kemudian kucek lalu bilas dan cuci seperti biasa.
Nah sudah menemukan pencerahan kan? Selamat mencoba.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==