Makanan ini terlihat aneh, Berani coba?



Kuliner Jepang seperti sushi, sashimi, ramen dan lain-lain memang terkenal enak dan disukai banyak orang, tapi gimana jadinya kalau mata ikan tuna pun dijadikan bahan makanan? Kalian mau coba nggak?

Saat berada di restoran sushi di Jepang, kalian mungkin akan melihat potongan tuna dalam gulungan maki atau sebagai sashimi. Namun, kalau mau sesuatu yang unik, datanglah ke pasar ikan atau toko kelontong, dan kalian akan melihat bagian yang sangat berbeda dari tuna yang dijual yaitu... bola matanya.
Di Jepang, bola mata ikan tuna yang seukuran bola tenis diolah menjadi makanan pembuka atau snack bar. Mata tuna terdiri dari eksterior yang keras, yang dikenal sebagai sclera, yang menahan lensa, bagian iris, dan cairan seperti agar-agar.

Ketika dimasak, sclera biasanya terlalu kenyal untuk dimakan, tetapi isi bagian dalam dari mata menjadi lunak, dan dapat dengan mudah disedot keluar seperti sumsum tulang. Koki sering meremas bola mata dalam campuran saus kedelai dan mirin atau menumisnya dengan minyak wijen dan jahe.

Kuliner bola mata tuna yang disebut Maguro no Medama biasanya dapat ditemukan di 'Izakaya' yang merupakan pub kasual yang sering dikunjungi orang-orang setelah kerja yang menyajikan makanan dan minuman. Bola mata tuna yang dimasak disajikan satu atau dua sekaligus, di samping hidangan lainnya. Kadang-kadang kuliner ini disandingkan dengan Tuna's Tears, sebuah minuman langka yang dibuat dengan soju dan lensa tuna mentah.

Tertarik mencoba kuliner Jepang yang terbuat dari bola mata ikan Tuna ini nggak, Teens?

sumber : https://www.teen.co.id/read/10677/mata-ikan-tuna-dijadikan-bahan-kuliner-di-jepang-berani-coba-makanan-ini
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==