Fakta unik RAMEEEEN makanan KHAS JEPANG


Siapa sih yang gak tau ramen? Makanan khas jepang satu ini sudah sering kita jumpai di mall-mall di Indonesia. Pasti ada saja yang menjual mie ramen yang terkenal pedas dan nikmat. Tapiiii sebenernya ada fakta unik dibalik sejarahnya loh. Apa bener makanan khas Jepang satu ini berasal dari Negara jepang? Atau mungkin datang dari Negara lain? 

Tahukah kamu? Sebenernya ramen sendiri bukan berasal dari Negara jepang guys, tetapi berasal dari Negara China. Orang jepang malah sering menyebut ramen ini dengan nama “chukka soba” yang memiliki arti “soba dari tiongkok”, atau kadang juga ada yang menyebut sebagai “shina soba” yang berarti “soba dari china”. Dalam bahasa jepang, soba itu berarti mie, sehingga chukka soba jika dibahasa indonesiakan menjadi “mie dari tiongkok”.

Loh? Kenapa mie dari tiongkok bisa jadi makanan khas jepang? Jadi gini sejarahnya.. bermula dari tahun 1910an yang ketika itu ada dua orang koki restoran yang berasal dari China. Restoran yang kala itu benama Rairaken , Tokyo telah memperkenalkan makanan baru pada masyarakat jepang berupa mie dengan kuah kaldu yang mereka beri nama Shina Soba (mie china). Tokugawa Mitsukuni (mito komon) adalah orang yang berasal dari Jepang yang pertama kali mencoba makanan Ramen. 
setelah Jepang kalah pada perang dunia ke II, kata shoba mulai kehilangan pamornya, sebagai peninggalan agresi imperialis dan kebrutalan masa perang terhadap china (yang memakan 20 juta jiwa), shoba dianggap sebagai penghinaan budaya. Maka namanya diubah menjadi chukka soba yang lebih diterima oleh masyarakat jepang sebab Chuka berarti “ala cina” atau “Ichinesse style” . mie tersebut akhirnya memasuki jaman modern pada tahun 1985, ketika seorang pengusaha bernama Momofuku Ando memperkenalkan versi kemasan pertama dari makanan itu. Digoreng kering, kemudian diberi rasa ayam, dikeringkan dan ditekan menjadi bentuk balok, dan disebut dengan chikini ramen. Begitulah sampai sekarang kemudian ramen dikenal. 

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Ramen
http://www.apakabardunia.com/2012/06/asal-usul-mi-ramen-dari-cina-bukan.html

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==