Perawatan Facial Di Rumah





Lakukan eksfoliasi wajah dengan lembut. Basahi wajah dengan air hangat dan gunakan lap/handuk badan atau sikat khusus bagi perawatan wajah (facial) untuk menggosok atau membersihkan sel-sel kulit mati. Pastikan untuk menggosokkan lap secara memutar dan lembut tanpa menekan karena kulit wajah relatif sensitif dan dapat melebar ataupun mengerut jika Anda memperlakukannya dengan kasar.
Lulur wajah juga sama manfaatnya. Belilah lulur wajah di toko atau buatlah sendiri dengan mencampur beberapa bahan berikut: 1 sendok makan (14,8 ml) minyak zaitun, 1 sendok makan almon atau oatmeal yang telah dihaluskan, dan 1 sendok teh air. Gunakan campuran tersebut sebagai lulur untuk wajah Anda, kemudian bilas dengan air hangat.

Lakukan perawatan wajah dengan uap panas. Isilah panci kecil atau wadah lain dengan air dan panaskan sampai beruap. Gunakan handuk untuk menutup bagian belakang kepala Anda, lalu hadapkan wajah ke atas panci sehingga uap panas mengenai wajah Anda. Uapi wajah selama 2 hingga 3 menit untuk memaksimalkan manfaatnya.
Pastikan agar wajah Anda tidak terlalu dekat karena akan terasa sangat panas. Sebaiknya wajah Anda merasa sangat hangat, bukan panas menyengat.
Tambahkan kenikmatan perawatan wajah dengan uap panas dengan meneteskan sedikit minyak esensial ke dalam panci. Minyak lavendel, minyak tea tree, dan minyak bunga mawar memiliki efek yang menenangkan.

Gunakan masker wajah. Menggunakan masker sangat menyenangkan, dan juga menghasilkan kulit selembut kulit bayi. Gunakan masker wajah yang dibeli di toko atau buat campuran dengan suatu resep tertentu menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Gunakan masker wajah selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Berikut ini terdapat beberapa pilihan masker yang populer:
Untuk kulit kering: Campur 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh minyak zaitun (olive oil).
Untuk kulit normal: Campur 1 sendok teh madu dan pisang yang telah dihancurkan.
Untuk kulit berminyak: Campur 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh lumpur kosmetik.

Lembapkan wajah Anda. Sebagai tahap akhir, pertahankan kelembapan kulit menggunakan krim wajah yang bagus. Anda dapat menggunakan krim yang dibeli di toko atau minyak perawatan wajah, seperti minyak jojoba, minyak argan (minyak dari biji buah pohon Argan yang tumbuh di Maroko) atau minyak almon. Berbagai jenis minyak tersebut menyeimbangkan kulit Anda tanpa menyebabkan jerawat.
Jika kulit Anda sangat kering, gunakan minyak kelapa. Namun, jika Anda cenderung mengalami sumbatan pori-pori, minyak kelapa mungkin akan menimbulkan bintil-bintil pada kulit.

Sumber : wikihow.com

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==