Es Krim asal Indonesia masuk 11 daftar Es Krim Populer di Dunia lho!


Es krim merupakan makanan favorit bagi tiap orang. Begitu pun bagi orang-orang di seluruh belahan dunia. Berikut adalah 11 jenis es krim khas serta populer di negara-negara berbeda. Ada beberapa es yang populer di Indonesia juga, lho. Yuk, simak bahasan artikel ini!

1. Gelato — Italia
Dalam bahasa Italia, gelato berarti ‘beku’. Jika dilihat sekilas, es krim dengan gelato memang mirip, apalagi sama-sama pakai cone. Tapi ternyata, secara proses pembuatan dan tekstur berbeda. Kandungan gelembung udara pada es khas Italia ini tidak sebanyak es krim. Itulah yang membuat gelato punya tekstur yang lebih padat.
Selain itu, bahan utamanya juga beda yaitu dari susu dan kandungan lemak susu 15% yang terbilang cukup rendah. Gelato juga tidak memakai krim sama sekali. Jadi, untuk kamu yang menghindari makanan berlemak, gelato adalah pilihan yang tepat. Gelato juga populer lho, di Indonesia. Banyak gerai yang menjual makanan dingin ini di berbagai kota. Sudah mencoba es krim lezat ini?
2. Es krim mochi — Jepang
Banyak orang yang telah mengenal kue mochi, tetapi sebenarnya kue mochi ini berasal dari Jepang yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk menjadi lembut dan lengket. Disitulah kata mochi berasal, yaitu artinya kue beras. Mochi berbentuk bulatan yang memiliki isian yang beragam. Hidangan khas Jepang ini umumnya disuguhkan pada saat perayaan tradisonal mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Di Indonesia yang terkenal adalah kue mochi dari daerah Sukabumi dan Bandung. Bahkan, kini terdapat produsen es krim menjual varian es krim mochi di Indonesia, lho.
3. Kulfi — India
Kulfi atau es krim khas India dan Pakistan merupakan sajian es manis kaya rasa yang cocok dinikmati saat cuaca panas.  Hidangan ini terbuat dari susu segar dan gula yang direbus di atas api kecil. Kulfi yang dijajakan di gerobak kaki lima biasanya ditempatkan di wadah khusus terbuat dari tembikar bernama matka yang berisi es batu dan garam agar tidak mudah meleleh. Terdapat pula varian rasa yang tidak biasa, yaitu mangga, vanili, dan mawar. Penyajiannya pun sangat unik, yaitu menggunakan selembar daun atau stik kemudian ditaburi rempah-rempah seperti cardamom, saffron, kacang pistachio, dan sirup mawar. Ada juga falooda kulfi, yaitu kulfi yang disajikan dengan taburan bihun di atasnya. Unik, ya!
4. Frozen Yogurt — Amerika Serikat
Yogurt merupakan minuman yang lezat nan sehat. Bahkan, di Amerika Serikat yogurt beku menjadi makanan khas. Cara membuatnya juga gampang, tinggal membekukan yogurt di lemari pendingin dan dapat disajikan bersama salad buah serta selai sebagai sausnya. Yogurt beku yang sudah jadi dapat ditempatkan di wadah plastik ataupun kaca. Sederhana, enak, dan sehat!
5. Dondurma — Turki
Dondurma mungkin terlihat seperti es krim biasa, dan bahkan rasanya seperti es krim normal, tapi es ini memiliki tekstur yang tidak seperti es krim lainnya, karena bahan utamanya sendiri adalah susu kambing. Bentuknya tebal dengan teksturnya agak keras, sehingga untuk memakannya harus dengan cara dikunyah. Uniknya, Dondurma dikenal atas pertunjukan spektakuler yang ditampilkan penjualnya yang memiliki seragam khas dan unik.
6. Paletas — Mexico
Paletas sekilas mirip dengan es krim pop dengan stik tipis sebagai pegangan. Es khas Meksiko ini terbuat dari buah segar. Ada dua macam paletas yaitu aguas yang bahan utamanya air atau jus buah dan iche/de crema yang berarti krim. Kedua jenis paletas ini sangat lezat, tentunya.
Baca juga: Dari 5 Healthy Juice Kekinian Ini, Mana yang Ingin Kamu Coba?
7. Es Puter — Indonesia

Tahukah kamu bahwa es puter merupakan makanan khas kita yang telah menjadi identitas Indonesia? Es yang biasa ditemukan di depan sekolah-sekolah hingga di resepsi pernikahan ini menjadi primadona masyarakat Indonesia karena harganya yang murah dan rasanya yang enak. Penyajian es yang diputar, sesuai dengan namanya, menjadi ciri khas tersendiri dan tidak dapat ditemukan di negara manapun!
8. Clotted Cream — Inggris
Clotted cream adalah es krim yang dibuat dengan memanaskan susu sapi full cream dengan menggunakan uap air, kemudian didinginkan secara perlahan. Hingga, kandungan krim naik ke permukaan dan membentuk “bekuan” atau “clout“. Clotted Cream ini berwarna kuning keemasan. Sering juga disajikan dengan stroberi  atau selai stroberi di atasnya.
9. Ais Kacang — Malaysia, Singapura
Ais kacang berarti “es kacang”, juga dikenal sebagai ABC (Air Batu Campur) merupakan dessert khas Malaysia yang juga biasa ditemukan di Singapura (disebut es kachang), dan juga di Brunei Darussalam. Hidangan kaya warna ini memiliki dua bahan utama, yaitu kacang dan es yang kemudian diberi topping. Topping favorit para warga lokal adalah toping durian. Hmmm, kebayang lezatnya seperti apa?
10. Sorbetes — Filipina
Sorbetes adalah es krim tradisional es krim buatan Filipina. Penampilannya memang mirip dengan sorbet, namun itu adalah hal yang berbeda. Sorbetes banyak dijajakan di jalanan. Biasanya disajikan dengan wafer kecil atau kerucut gula hingga kini banyak ditemukan dengan roti. Es lezat ini terbuat dari santan atau susu sapi.
11. Spagettieis — Jerman
Spaghettieis adalah hidangan es krim Jerman yang dibuat di atas piring sehingga terlihat seperti sepiring spaghetti. Biasa terbuat dari es krim vanilla yang dibentuk kecil dan panjang, sehingga memberi kesan seperti spaghetti. Kemudian es spagetti tersebut diletakkan di atas krim kocok dan ditambahi dengan saus stroberi (untuk menyamarkan saus tomat). Sungguh unik, kan?
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==