ORANG GUNUNG PUNYA TULANG BERBEDA

Apakah anda tahu kalau ketinggian wilayah anda tinggal bisa berpengaruh terhadap tulang yang anda miliki? Misalnya saja anda yang tinggal di gunung, tentu memiliki tulang yang berbeda dengan orang yang tinggal di pantai atau dataran rendah lainnya.
Peneliti menemukan bahwa panjang tulang lengan orang yang tinggal di daerah gunung memiliki lengan yang lebih pendek. Tetapi, tangan bagian atas mereka hampir mirip dengan orang yang berasal dari ketinggian lebih rendah.

Kadar oksigen lebih rendah pada kawasan yang lebih tinggi yang dapat mengurangi efisiensi konversi makanan menjadi energi dalam tubuh individu sehingga energi yang tersedia untuk pertumbuhan relatif terbatas dan mempengaruhi kesehatan tulang itu sendiri.
Hidup di tempat yang lebih tinggi terbukti cukup menantang salah satunya ditandai dengan pertumbuhan tanaman yang relatif buruk sehingga membuat makanan menjadi langka.

Sementara itu, energi yang tersedia sangat terbatas untuk pertumbuhan karena tingkat oksigen topografi yang lebih rendah sehingga konversi makanan menjadi energi tidak teratur.
Temuan kami sangat menarik karena menunjukkan bahwa tubuh manusia memprioritaskan segmen mana yang tumbuh ketika ada energi terbatas yang tersedia untuk pertumbuhan, misalnya lengan bawah, kata penulis utama studi, Stephanie Payne dari Universitas Cambridge.
"Tubuh dapat memprioritaskan pertumbuhan tangan karena organ ini penting untuk ketangkasan manual, sementara panjang lengan atas sangat penting untuk kekuatan," tambah Payne seperti dilansir Indian Express.

Untuk keperluan studi, peneliti memeriksa lebih dari 250 individu yang termasuk dalam populasi Sherpa Himalaya. Peneliti lalu membandingkan data tersebut dengan kelompok-kelompok masyarakat Tibet yang secara genetis mirip dengan orang yang hidup di dataran rendah Nepal. 

Sumber: merdeka.com

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==