Pengen Motor Awet? Nih Simak Tips-tipsnya


Di Indonesia, sepeda motor merupakan alat transportasi utama yang praktis dan tak ribet dalam penggunannya.
Sepeda motor sering digunakan multifungsi oleh masyarakat Indonesia. Seperti berangkat sekolah, kuliah, bekerja, piknik hingga mengangkut barang dalam jumlah terbatas. Tak ayal penjualan berbagai macam sepeda motor di Indonesia laku keras dan tumpah ruah. Mau pilih sepeda motor matic, bebek atau sport semua ada di Indonesia. Namun perlu dipahami bahwa motor juga bisa 'ngambek' alias rusak jika si pemliknya acuh dalam hal perawatan.
Lalu bagaimana tips sederhana agar motor agan-agan bisa terus awet tak cepat rusak dan jika dijual lagi harganya tinggi?
Berikut tips-tipsnya.

6. Ganti Oli Minimal 2 Bulan Sekali

Perawatan Motor Itu Perlu,ganti oli rutin. Oli memiliki peran penting pada mesin sepeda motor/ Selain sebagai pelumas, oli juga berfungsi untuk merawat sekaligus mendinginkan mesin saat bekerja. Jangan tunggu sampai 2 bulan lebih ketika ganti oli.
Jadi rajin-rajinla ganti oli agar performa motormu tetap terjaga dan tak gampang rusak.

5. Selalu Tinjau dan Cek Aki Sepeda Motor

Perawatan Motor Itu Perlu, cek aki rutin. Aki adalah komponen vital bagi kelistrikan motor. Entah itu aki kering atau basah tetap perlu mendapat perawatan.
Selalu cek aki motor kalian, isi air aki jika sudah berkurang untuk aki basah, jika kering maka setrumkan saja di toko aki terdekat. Atau jika sudah habis segera ganti saja, jika tidak maka bisa merusak bagian motor lainnya.

4. Gunakan Lampu Jauh dan Lampu Dekat Secara Bergantian

Perawatan Motor Itu Perlu, nyalakan lampu jauh-dekat bergantian. Kebanyakan pengguna motor mayoritas hanya menggunakan lampu dekat saja saat berkendara siang dan malam.
Sebenarnya ini malah memperpendek usia lampu depan motor. Cara agar tak cepat rusak gunakan lampu jauh untuk siang hari dan lampu dekat untuk malam hari.

3. Cek Kondisi Ban Sebelum Berkendara

Mengecek kondisi ban sebelum berkendara sangat disarankan namun sering dilalaikan. Selalu pastikan ban sepeda motor kamu tidak kekurangan angin. Akibatnya bisa fatal jika motor kamu kekurangan angin saat melaju dijalanan bisa berakibat ketidakseimbangan motor dan mengakibatkan kecelakaan.

2. Cuci Motor Kamu Seminggu Sekali

Selalu jaga kebersihan motor kalian. Asal tahu saja berbagai macam debu, air dan lain sebagainya menghinggapi motor kamu. Selain dapat membuat karat, mencuci motor juga akan merawat keseluruhan bodi motor agar harga jualnya tinggi ketika kalian ingin menjualnya.

1. Servis Rutin Setiap 5.000 kilometer sekali

Tetap semua motor haruslah di servis jik tetap ingin awet terjaga performanya. Setiap angka di Odometer menunjukkan 5.000 km atau kelipatannya maka segera servis motor kalian. Saran terbaik servis motor kalian di bengkel resmi merk motor kalian agar terjamin kualitasnya

(Source : grid.id)
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==