Ditawari Bermain di Liga Australia, Begini Jawaban Persija | SEPAKBOLA



Tim Macan Kemayoran, Persija Jakarta akhirnya buka suara mengenai wacana partisipasi klub ASEAN di Liga Australia atau A-League. Tim Persija Jakarta tersebut enggan ikut berkompetisi di luar Indonesia. Pemilik Perth Glory, Tony Sage menawarkan usulan untuk mengundang klub Liga Malaysia, Singapura, dan Indonesia, serta Hongkong agar berpartisipasi di A-League. Wacana ini dimunculkan demi memperluas pasar dan meningkatkan pamor Liga Australia (A-League).

Persija Jakarta merupakan calon kuat klub Indonesia yang bisa diajak bergabung. Pasalnya, kepopuleran Persija Jakarta tengah meningkat selepas keberhasilan lolos ke semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2018. "Kita belum pernah berpikir Persija akan mengarungi  kompetisi di luar (Indonesia). Satu, Persija berdomisi di Indonesia. Namun karena suatu prestasi lalu, luar negeri mengundang persija, ini kan suatu kebanggaan," ujar Direktur Utama Persija, I Gede Widiade. "Jadi kita harus sangat bersyukur. Jadi suatu kehormatan, saya sangat apresiasi kepada pengundang. Kalau memang ada kesempatan, kenapa tidak untuk pertandingan-pertandingan yang bersifat turnamen. Seperti saat di Malaysia kita juara," katanya menambahkan.

Ekspansi klub-klub Asia ke A-League diharapkan dapat terjadi mulai tahun 2019 mendatang. Untuk mewujudkan rencananya itu, Sage telah mengajak Federasi Sepak Bola Australia (FFA) untuk berunding. "Saya akan mendatangkan empat tim dalam dua tahap untuk bergabung. Masing-masing dari Singapura, Malaysia, Indonesia, dan Hongkong," kata Sage dikutip dari The World Game. "Hal ini akan  meningkatkan jumlah penonton dan orang yang mengikuti sepakbola kami. Dan yang paling penting, bisa  meningkatkan pendapatan siaran kami,” lanjutnya.

I Gede Widiade dapat berubah pikiran kalau Persija diundang ke Australia untuk mengikuti suatu turnamen bukan kompetisi. Layaknya Tim Macan Kemayoran saat keluar sebagai juara Boost SportsFix Super Cup di Malaysia pada Januari 2018 lalu. "Kita tidak menutup kemungkinan untuk diundang ke Perth, Melbourne (Australia), Hong Kong, di mana pun. Pasti kalau tim siap, manajemen siap, pasti kita akan berangkat. Kita sudah buktikan di negara tetangga Malaysia, kita juara. Jadi saya sangat mengapresiasi apabila ada klub luar negeri yang ingin mengundang kita (Persija Jakarta)," ujar Gede.

Sumber: Liputan6.com
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==