Sumber Air Jimbaran Yang Penuh Misteri



Sumber Air Jimbaran Yang Penuh Misteri

Simbar Joyo Dodo yang sering di kenal masyarakat dengan sebutan Sumber Ndodo adalah sebuah sumber mata air alami  yang terletak di kaki Pegunungan Kendeng. Dimana setiap hari air tersebut digunakan untuk kebutuhan  sehari-hari penduduk, seperti irigasi, air minum serta keperluan rumah tangga lainnya.
Selain wisata Gua Pancur, ada satu lagi nih wisata yang terletak di kecamatan Kayen, Pati bagian selatan yaitu Ndodo. Wilayah lereng pegunungan kendeng memang menyimpang sejuta keindahan alam yang sangat mempesona. Ndodo merupakan objek wisata yang keberadaannya belum di ketahui oleh masyarakat luas.
Ndodo adalah sebuah telaga yang letaknya di Desa Jimbaran yang mana lokasinya tidak jauh dari Wisata Goa Pancur. Disini pengunjung bisa menikmati pemandangam telaga yang elok nan cantik  yang mana konon sumbernya berasal dari akar pohon Nyamplung yaitu sebuah pohon yang sangat besar. Pohon yang usianya sudah mencapai ratusan tahun ini dikeramatkan oleh warga sekitar. Di bawah akar pohon inilah muncul mata air jernih yang kabarnya tidak pernah berhenti mamancar, meski di musim kemarau sekalipun.

                Telaga yang dikelilingi pepohonan hijau bisa membuat refresh otak bagi siapa saja yang datang ke sana. Suasana yang terasa teduh, asri dan sejuk bisa membuat siapa saja yang datang menjadi lebih tenang dan adem. Disana juga di jumpai tempat pemandian atau sering disebut juga padusan punden sumber Ndodo dan makam salah satu tokoh Kadipaten Pati yang sekaligus di mananfaatkan sebagai wisata sejarah sekaligus.
                 
                Untuk letak Ndodo tidaklah jauh dari lokasi Goa Pancur,yaitu sekitar 1 km. tepat di sebuah pertigaan kita akan menemukan plang papan petunjuk arah. Untuk arah kiri, pengunjung akan menuju ke tempat wisata Goa Pancur, untuk arah lurus, pengunjung akan samapi ke sumber Ndodo.
            Sumber Ndodo merupakan salah satu tempat yang dianggap misitis oleh warga sekitar. Disitu pula terdapat kejadian-kejadian yang sangat mengganjal. Barang siapa yang berlaku tidak sopan, dan melanggar peraturan yang telah di buat maka akan mendapatkan akibatnya.
                Sumber Ndodo biasanya digunakan sebagai tempat untuk Selametan. Dulunya tradisi ini hanya bisa dilakukan pada hari senin dan kamis tetapi untuk sekarang bisa dilakukan setiap hari. Selain itu ada banyak masyarakt yang dating ke sumber Ndodo untuk meminta sesuatu melali perantara melalui Sumber Ndodo tersebut supaya permintaannya bisa terkabul. Masyarakat yang dating kesana biasanya meminta agar seluruh keluarga selamat hidupnya dan jika mereka menanam padi , atau tanaman palawija bisa subur dan lestari.
                Di Sumber Ndodo ini ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh para pengunjung, yaitu dilarang menginjak bantalan, dilarang berbicara keras serta tidak boleh melanggar pengarahan dari pengurus Sumber Ndodo. Bukan hanya itu saja, air yang berada di bawah batu bantalan itu konon katanya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit bagi siapapun yang menimumnya dengan ketentuan minumnya harus 7 kali cegukan.  


Sumber : direktropati.com

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==