Inilah Cara Merawat Kuku Kaki Yang Rusak Dan Bau



  
Tak jarang kita lebih fokus pada perawatan kuku tangan dibandingkan kuku kaki. Padahal kuku kaki lebih rentan mengalami kerusakan, seperti lembap yang membuat jamur lebih mudah tumbuh atau kecerobohan saat pedicure bisa membuat kuku kaki menjadi infeksi. Kemudian bahaya saat menggunakan cat kuku palsu yang mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Yang bisa menyebabkan kerusakan pada kuku dan bau. Sehingga sangat penting mengetahui cara merawat kuku kaki yang tepat agar terhindar dari kondisi tersebut.

Inilah ciri-ciri kuku yang tidak sehat lainnya yaitu:
Kuku tidak mengkilap
Warna kuku keruh, tidak cerah
Kuku menjadi tebal

Sebaiknya kuku kaki tidak dibiarkan panjang karena dapat menyebabkan kotoran masuk dan mengendap di sela-sela kuku. Bagi anda yang sudah terlanjur mengalami kerusakan kuku kaki dan bau, anda pasti akan segera mencari cara untuk mengatasinya karena kuku kaki yang mengalami kerusakan dan bau akan membuat anda tidak nyaman dan terganggu. Bau tersebut bisa berasal dari jamur atau kotoran akan tetapi bisa juga karena adanya nanah yang tersembunyi di bawah kuku akibat dari luka.
Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat kuku kaki yang rusak dan bau yaitu :
1.      Memotong dan membersihkan kuku kaki
Jangan membiarkan kuku kaki terlalu panjang namun juga jangan memotongnya terlalu pendek karena dapat menimbulkan rasa sakit juga rentan terhadap infeksi, kita dapat memotongnya setiap satu atau dua minggu. Kemudian jangan sembarangan dalam memotong dan membersihkan kutikula, agar tidak terjadi rasa sakit dan infeksi.
Jaga kebersihan kuku kaki dengan rutin mencuci menggunakan sabun dan air bersih kemudian keringkan dengen handuk setelahnya.
2.      Perhatikan dalam menggunakan alas kaki
Penting untuk menggunakan sepatu dan alas kaki yang nyaman.
3.      Rendam kaki dengan campuran air hangat dan garam
Garam mempunyai kemampuan sebagai anti inflamasi. Air hangat yang dicampur dengan garam untuk merendam kaki dapat  membantu mencegah kuku kaki terkena infeksi. Jika terlanjur memiliki masalah kuku kaki, garam akan mencegah keadaannya menjadi lebih parah. Rendam kaki dengan menggunakan air hangat yang dicampur garam tersebut setiap hari sebelum tidur. Lakukan  selama 10 sampai 15 menit. Kemudian anda bisa mengelap kaki dan kuku anda dengan handuk bersih hingga kering.
4.      Gunakan belimbing wuluh
Jika anda tidak mempunyai cairan antiseptik di rumah, anda bisa menggunakan air yang terkandung dalam buah belimbing wuluh untuk membasuh kuku kaki yang mengalami kerusakan dan bau. Belimbing wuluh dapat membunuh bakteri dan kuman pada kuku kaki. Kuku kaki yang dirawat menggunakan belimbing wuluh juga akan lebih kuat dan tidak mudah rapuh sehingga anda akan terhindar dari masalah kuku lainnya.
Itulah cara merawat kuku kaki yang mengalami kerusakan dan bau secara alami. Pada intinya, selalu jaga kebersihan kuku kaki karena rentan terkena kotoran yang bisa saja mengandung kuman dan bakteri atau bahkan jamur. Semoga cara-cara tersebut bisa memberikan solusi untuk masalah kuku kaki anda.




close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==