TERNYATA CARA MUDAH INI AMPUH AGAR TETAP FIT SAAT BERPUASA


TERNYATA CARA MUDAH INI AMPUH AGAR TETAP FIT SAAT BERPUASA
Puasa. Tentunya sudah banyak orang tahu apa itu puasa, apalagi saat bulan ramadan tiba. Sebulan penuh umat Islam menunaikan ibadah puasa. Salah satu yang dilakukan adalah menahan lapar dan dahaga dari subuh sampai terdengar adzan maghrib. Yang seharusnya mereka mempunyai asupan makan siang dan cemilan, kini pola makannya berubah. Perubahan itu membuat sebagian banyak orang merasa tubuhnya kaget dan terjadilah beberapa keluhan dari kesehatannya, diantaranya sembelit, sakit perut, maag, pusing, bibir pecah dan juga dehidrasi. Apalagi bagi yang melakukan banyak kegiatan, tentunya ini sangat membutuhkan tenaga agar tidak ngantuk, lemas dan lesu. Jangan khawatir, disini akan diulas beberapa cara mudah yang dapat dilakukan agar tetap bugar maupun fit saat menjalankan ibadah puasa.
A.  Minum Air Putih yang Banyak
Menahan dahaga selama kurang lebih 14 jam  tentunya sangat dehidrasi. Sedangkan tubuh kita sebagian adalah air, oleh karena itu disarankan untuk minum air minimal 8 gelas sehari. Hal ini dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh untuk terhindar dari dehidrasi.
B.  Hindari Minuman dan Minuman Manis
Memang minuman dan makanan pembuka yang enak adalah dengan yang manis-manis. Namun perlu disadari, bahwa minuman manis mengandung banyak kalori, sehingga kebutuhan kalori yang sehari yang kita butuhkan sangat terpenuhi, bahkan lebih. Hal ini dapat menyebabkan berat badan naik setelah bulan puasa. Lebih baik minum air putih atau water infused untuk mengambil manfaatnya.
C.  Jangan Lupa Sahur
Sahur biasanya dilakukan pada jam 03.00 sampai jam 04.00 WIB. Sama halnya dengan sarapan, sahur juga berguna untuk mengisi sumber tenaga yang akan digunakan di siang hari. Perlu diperhatikan juga asupannya, perbanyak makan sayuran dan buah. Apabila melewati sahur, kemungkinan besar akan merasa lemas, pusing, lapar dan haus pada saat melakukan kegiatan di siang hari.
D.  Makan Secukupnya, Jangan Berlebihan
Berlebihan, tentunya termasuk kata yang terkadang mengandung arti buruk. Seperti halnya pada saat makan. Makan yang berlebihan tidak diajurkan, karena akan membuat perut begah. Alhasil akan mengakibatkan kemalasan dan mengantuk. Makanlah yang bergizi dan secukupnya.
E.  Tidur yang Cukup
Banyak orang pada bulan puasa justru lebih gampang untuk begadang. Rasa kantuk yang bukan hanya karna masalah diatas, namun juga karna pola tidur atau istirahat yang tidak teratur. Diusahakan setelah sholat taraweh langsung tidur, karna akan bangun lebih cepat untuk sahur. Tidur juga akan mengakibatkan melemahnya kerja otak dan obesitas.
F.   Olahraga
Tidak mustahil jika olahraga pada saat bulan puasa. Puasa bukan menjadi penghalang untuk olahraga. Olagraga ringan dapat dilakukan setelah berbuka puasa seperti jalan kaki atau bermain sepeda.
Nah, mudah bukan? Jika kita melakukan hal tersebut insyaAllah akan produktif dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Jangan lupa perbanyak ibadah saat bulan ramadan, dan semoga berlanjut tidak hanya dibulan ramadan saja. Sekian dari saya, selamat mencoba.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==