Fakta Arsene Wenger yang Jarang Kamu Ketahui, fakta nomer 2 gak beda jauh sama orang Indonesia

   Arsene Wenger merupakan seorang artis di jagat sepakbola. Dia ialah manajer salah satu klub besar Inggris, Arsenal. Kemimpinannya di klub itu dimulai sejak 1996 hingga saat ini. Maka dari itu, dia merupakan manajer paling langgeng menangani sebuah klub Liga Primer Inggris. Prestasi di usia 65 tahun ini pun sudah banyak.

Namun, banyak fakta yang jarang diketahui oleh kita terhadap pelatih ini. Apa saja ya?  

1. Wenger mengajarkan Van Persie bagaimana mencetak gol dengan sundulan 'Superman'
Robin Van Persie terkenal dengan sundulan 'Superman' yang ia lakukan ketika mencetak gol ke gawang Spanyol dalam Piala Dunia 2014. Ternyata, Arsene Wenger-lah yang mengajarkan Van Persie. Tentu saja ini hanya kelakar penulis laman Sokkaa, yang menunjukkan Wenger melakukan gerakan yang sama dalam sebuah foto. Hanya saja, manuver itu dilakukan Wenger di pantai saat bermain voli.

2. Wenger merupakan perokok berat
Wenger bersikap tegas terhadap pemainnya yang ketahuan merokok. Dia pernah mendenda Szczsny dan  Wilshere karena mereka ketahuan merokok. Namun disisi lain, ternyata dia dulu merupakan seorang perokok berat.

"Saya tumbuh di sebuah pub," kata Wenger. "Anda tidak bisa melihat jendelanya karena ruangan dipenuhi asap rokok dan saya menghabiskan masa muda saya dengan menjual rokok."

Wenger mengakui bahwa ketika ia masih menjadi pelatih muda, dia juga masih merokok. "Stasiun televisi Prancis pernah menayangkan saya sedang merokok di bangku pinggir lapangan. Saya bahkan berpikir itu bukan saya," ujarnya.

3.Wenger merupakan nama asteroid
Seorang ahli astronomi, Ian Griffin, memberikan nama sebuah asteroid yang dia temukan pada 1998 dengan nama pelatih Arsenal, Arsene Wenger.
" Pada 21 November 2007, Serikat Internasional Astronomi mengumumkan bahwa asteroid yang saya temukan (sebelumnya dikenal dengan 33179) telah resmi dinamai sebagai penghormatan terhadap Arsene Wenger, manajer tim sepak bola favorit saya, Arsenal," kata Griffin.

4. Kekalahan terburuk dialami Arsenal terjadi di masa kepemimpinan Wenger
Tahun 2011 adalah salah satu tahun yang tidak terlupakan  Wenger sebagai manajer. Pada Agustus, Manchester United membantai Arsenal dengan skor besar 8-2. Ini merupakan kekalahan terburuk yang dialami Arsenal sejak 1896.

Sumber: tempo.co

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==