Tidur Dengan Lampu Menyala? Awas Terserang Penyakit Serius!!!


TIDUR DENGAN LAMPU MENYALA? AWAS TERSERANG PENYAKIT SERIUS!!!
Kelelahan akibat aktivitas disiang hari adalah hal yang wajar bagi setiap orang. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengurangi kelelahan dan membangkitkan energi adalag dengan cara istirahat. Misalnya istirahat pada malam hari yaitu dengan tidur. Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh setiap orang pada malam hari. Pada umumnya tiap orang dianjurkan tidur dengan waktu 6 – 8 jam per hari. Jam waktu tiap individu tentunya berbeda tergantung dengan gaya hidup, pola makan, dan kesibukan masing-masing. Namun kualitas tidur yang baik bukan hanya dilihat dari faktor jam tidurnya saja, salah satunya yang mempengaruhi kualitar tidur adalah faktor pencahayaan. Dimana kebiasaan orang tidur yaitu dengan keadaan gelap (lampu tidak menyala) atau dengan keadaan terang (lampu menyala). Dari kedua keadaan tersebut yang baik untuk kualitas tidur yaitu dalam keadaan gelap. Lantas apakah dampak dari tidur dalam keadaan menyala?
Dampak tidur dengan keadaan lampu menyala menyala :
1.    Menyebabkan Kanker
       Tidur dalam keadaan lampu menyala dapat menghambat produksi Melatonin. Melatonin adalah enzim yang menjaga tubuh dari perkembangan tumor maupun kanker, dengan kata lain untuk mencegah terjadinya kanker. Namun hal ini masih tergolong resiko kecil. Untuk itu hindari dari yang resiko kecil juga agar tubuh kita tidak terserang penyakit yang berbahaya ini.
2.    Gangguan Tidur
       Dengan lampu menyala, orang akan cenderung sulit menutup mata. Karena mata masih memberi sinyal kepada otak untuk bekerja. Hal ini akan menimbulkan gangguan tidur berupa insomnia atau susah tidur, terbangun pada saat malam hari, dan menyebabkan kantung mata. Meskipun tidak dipungkiri bahwa banyak orang bisa tidur jika lampu dalam keadaan menyala.
3.    Terganggunya Kualitas Istirahat
       Karena terganggunya tidur, maka dapat pula mengganggu kualitas istirahat atau mengalami kurang istirata. Hal ini dapat menyababkan aktivitas harian anda menjadi terganggu karna lemas dan sering mengantuk serta menurunnya kosentrasi sehingga aktivitas anda menjadi tidak produktif.
4.    Rasa Pegal pada Mata
       Mata juga butuh istirahat. Dengan keadaan lampu yang menyala juga akan menimbulkan efek pegal pada saat mengedipkan mata. Karena pada saat anda tertidur, mata anda masih memberi sinyal pada otak bahwa masih ada cahaya. Selain itu, juga menyabkan mata tidak sehat, kemerahan, dan gatal.
5.    Sistem Metabolisme Tubuh Terganggu
       Sistem metabolisme juga dapat terganggu, karena kondisi istirahat yang terganggu maka pada saat tidur tubuh susah untuk bekerja. Sehingga asupan gizi, nutrisi, vitamin dan juga mineral akan tidak lancar. Dampaknya maka akan mengalami obesitas, lemas, serta daya tahan tubuh menjadi menurun.
6.    Terjadinya Depresi
       Dari hasil beberapa peneliti menyebutkan bahwa jika kondisi itu sering dilakukan maka akan menyebkan depresi karena tidak adanya kemampuan istirahat pada pikiran anda.

Itulah sedikit informasi kesehatan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Mulailah menjaha kesehatan dengan cara yang sederhana agar hidup anda bahagia. Mengingat ada kata-kata mutiara yang berbunyi “Kebahagiaan tidak bisa diuangkan”. Dan salah satu cara agar kita bahagia yaitu dengan menjaga kesehatan. Salam Sehat!!!
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==