SOFTLENSE BAHAYA? SIMAK PENGGUNAAN SOFTLENSE PADA MATA


Sudahkah anda ketahui bahaya menggunakan softlense dan akibat yang ditimbulkannya? Jika belum, artikel ini sangat tepat bagi anda untuk mengetahuinya.

Cara paling mudah memiliki mata indah dan lebih hemat adalah dengan menggunakan softlense. Namun, sebaiknya anda ketahui dan pikirkan terlebih dahulu tentang bahaya softlense yang timbul jika terlalu sering menggunakannya.


1. Menyebabkan Penyakit Edema
Apa sih pemyakit Edema? Edema adalah penyakit yang terjadi akibat mata kekurangan oksigen dan menjadi merah berair dan bahayanya edema juga dapat menyerang pembuluh mata anda loh. Jika terkena penyakit ini maka penglihatan akan kabur ketika anda memakai softlens. jika anda dalam kondisi demikian hal terbaik yang harus anda lakukan adalah segera lepas softlens dan istirahatkan mata dalam jangka waktu tertentu dari pemakaian softlens. Penanganan pertama adalah dengan kompres mata anda dengan menggunakan air hangat dan penting sekali jangan menganggap enteng masalah ini karena jika dibiarkan bisa menyebabkan iritasi serta kebutaan. Edema bisa terjadi karena softlens yang kamu pakai tidak higienis atau tangan kamu tidak dicuci dengan bersih sebelum mengenakan lensa mata. jadi pastikan tetap jaga kebersihan ya.

2. Iritasi Mata
Jika anda memakai softlens untuk kegiatan sehari-hari penting untuk mengingat ini "jangan pernah melakukan kegiatan di tempat yang berdebu" kenapa? karena jika debu masuk ke mata akan menyebabkan iritasi mata yang membuat mata menjadi merah, berair dan biasanya disertai gatal. sebenarnya jika anda sering melakukan kegiatan di tempat yang berdebu bisa melepaskan softlens  dahulu atau juga bisa menggunakan kacamata untuk menangkal debu masuk ke mata. selain itu, merawat softlens dengan benar dan membiarkan softlens tetap basah dengan cairan khusus softlens juga jangan sampai terlupakan serta pastikan jangan sampai softlens menjadi kering sekalipun tidak kamu pakai.

3. Softlens Rusak dalam Mata
Pernahkah kamu tetap memakai softlens ketika tidur? jika pernah sebaiknya jangan pernah di ulangi lagi ya. karena hal ini bisa berakibat fatal yaitu softlens yang kamu pakai bisa rusak dan lebih parahnya lagi bisa mengoyak kornea mata. hiiiii sereem!
Jika kamu tidur pasti memejamkan mata dan ketika mata terpejam mata akan kekurangan oksigen serta mata bergerak-gerak. Pada kondisi ini di khawatirkan softlens bisa bergeser-geser.
dan jika pergeseranya parah bisa merobek mata lho, jika kamu membuka mata tentu saja softlens tidak berada di posisi sebagai mana mestinya dan tidak bisa di ambil dengan mudah kecuali dengan jalan operasi.

4. Infeksi Kornea
Softlens yang terlalu lama di simpan atau sudah terlalu sering digunakan pasti akan ditempati oleh berbagai macam kuman, virus, dan lainnya. Jika anda tetap memakai softlens yang sudah terkena virus atau kuman yang ditakutkan adalah bisa terjadi infeksi kornea. Penyakit ini yang paling ditakutkan oleh para pengguna softlens karena dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Cara yang paling tepat adalah dengan tetap menjaga kebersihan softlens dan tangan kamu yang bersentuhan langsung dengan softlens serta wadah penyimpanan softlens yang berisi cairan softlens juga rutin dibersihkan dan ganti cairan softlens secara berkala ya.
semua bahaya softlens diatas memang sangat seram. tapi tenang saja sebenarnya ada beberapa cara untuk meminimalisir resiko tersebut

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==