Pulau Tak Berpenghuni, Hingga Mitos Yang Membuat Wisatawan Ngeri


Jepara merupakan kota yang terbukti menyimpan sejuta pesona dari pulau-pulaunya. Tidak hanya wisata pantainya saja namun juga ada beribu objek wisata yang tersimpan disana. Jika anda datang ke kota ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan bagaikan lukisan potret dunia. Salah satu bentuk potret keindahan pulau di Jepara terdapat di Pulau Mandalika. Pulau Mandalika merupakan pulau kecil di laut Jawa tepatnya di sebelah utara laut utara Jawa Tengah. Lebih tepatnya berjarak 2 Km dari utara Desa Ujung Watu, Kabupaten Jepara - Jawa Tengah. Untuk menuju Pulau ini anda bisa menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar setengah jam. Pulau ini berada 500 meter dari bibir pantai lokasi wisata Benteng Portugis yang berada di Ujung Watu-Donorojo-Jepara.

Di Pulau Mandalika terdapat pantai yang begitu indah dengan airnya yang jernih berwarna hijau kebiruan. Pulau ini tidak berpenghuni jadi anda harus berhati – hati jika berkunjung ke Pulau ini karena Pulau ini masih berupa hutan. Tapi rasa waswas anda akan terbayar dengan pesona keindahan yang disuguhkan oleh Pulau ini. Di sekitar Pulau terdapat bermacam-macam ikan yang bisa dinikmati dengan memancing ikan – ikan tersebut seperti ikan kerapu, ikan kakap putih, ikan gerabah, ikan pari dan ikan sembilang. Sehingga Wisata ke Pulau Mandalika Jepara dijadikan tujuan utama berpariwisata oleh masyarakat setempat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga dan sanak saudara.

Selain itu di pulau ini juga terdapat makam wali yakni, Sayid Ustman atau seorang nayaka/menteri dari Ratu Kalinyamat dari Kerajaan Kalinyamat. Menariknya, di pulai ini juga ada mitos yang berkembang dikalangan masyarakat. Konon, di sana terdapat pintu gerbang Keraton Lawang Siluman Bajul Putih. Dimana bagi orang yang berkulit putih mirip portugis jika melewati pintu tersebut, ia dipastikan tidak akan kembali dan tersedot di laut. Hal tersebut dikarenakan sumpah Siluman Bajul Putih yang dikalahkan oleh Ki Leseh. Isi dari sumpah tersebut adalah jikalau ada orang yang berkulit putih seperti kulitnya melewati pintu gerbang Keraton Luweng Siluman Bajul Putih, dia akan disedot ke dalam laut dan tidak dapat ditemukan atau kembali lagi. Demikianlah gambaran keindahan alam Pulau Mandalika yang memikat hati siapa saja yang pergi kesana.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==