Keindahan Panorama Waduk Selomoro Gembong Pati Jawa Tengah




Keindahan Panorama Waduk Selomoro Gembong Pati Jawa Tengah 


Waduk Selomoro Gembong Pati Jawa Tengah

Wisata Waduk Selomoro, Selomoro berasal dari kata “selo” yang artinya batu dan “moro” yang artinya bapak. Dibangunnya waduk ini berawal dari keinginan pemerintah Belanda yang ingin membuat bendungan air yang berfungsi sebagai pengairan.
Waduk Selomoro merupakan tempat wisata yang sangat memukau untuk para pecinta keindahan alam. Waduk yang terletak di Desa Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah ini benar- benar mampu menghipnotis para pengunjungnya. Tak khayal jika waduk ini merupakan salah satu alternatif wisata yang banyak di kunjungi para wisatawan karena menyajikan pemandangan yang sangat memanjakan mata para pengunjungnya.
Waduk Selomoro secara Geografis berada di lereng gunung Muria bagian Timur. Tenyata Waduk ini berdekatan dengan Waduk Gunung Rowo yang juga memiliki pesona keindahan yang tak kalah memukau. Kedua waduk ini saling sambung menyambung, sehingga  Waduk Selomoro mendapatkan suplai air dari waduk Gunung Rowo.
Lokasi Waduk ini tidaklah jauh dari pusat Kota, hanya sekita 20- 25menit dari Alun-alun Kota Pati. Dari Stadion Joyokusumo kearah Barat ( Gembong) lurus terus. Sepanjangan perjalanan sudah diberi petunjuk arah untuk menuju ke Waduk Selomoro.
Ketika kita berkunjung ke sana kita bisa menikmati pemandangan air yang tertampung dalam danau besar serta melihat gunung Muria dibagian Barat yang dikelilingi oleh hutan-hutan yang lebat. Kita dapat melihat tiga pemandangan sekaligus. Perpaduan antara gunung, hutan dan waduk membuat hati tenang dan tentram, serta membuat kita sadar betapa Maha Besar Allah SWT yang telah menciptakan keindahan alam untuk kita.
Menurut para wisatawan  Waduk Selomoro ini  sering dijadikan sebagai tempat favorit para pemburu foto-foto alam untuk di ambil gambarnya. Banyak sekali wisatawan yang berfoto foto maupun selfie disekitarann Waduk ini. Bahkan waduk ini juga bisa dijadikan tempat pengambilan gambar untuk foto pre wedding. Tidak sedikit para wisatawan memanfaatkan waduk ini untuk foto pre Wedding.
Waduk Selomoro tidak hanya di jadikan sebagai tempat wisata, ternyata banyak sekali fungsi dari waduk ini, diantaranya adalah :
1.      Perputaran Ekonomi Masyarakat Sekitar
Di sekitaran Waduk Selomoro banyak sekali penjual yang menjajakan makanan dan minuman sehingga banyak warga yang mencari uang untuk memenuhi kebutahan ekonomi mereka. Waduk  yang berfungsi untuk menampung air ini dimanfaatkan juga untuk mengairi sawah dan flora di sekitarnya. Tak hanya itu, waduk ini juga dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk membudiyakan ikan tawar. Dengan beragam manfaat dari waduk Selomoro, roda ekonomi ini terus berputar.
2.      Wisata Untuk Keluaraga
Wisata Waduk Selomoro sangat cocok untuk menngisi liburan keluaraga, apalagi saat-saat libur panajang. Banyak sekali wisata di Pati salah satunya yang cocok untuk wisata keluarga adalah waduk ini. Waduk ini bisa di jadikan rekomendasi untuk para keluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama.
3.      Tempat Berpacaran
Banyak pengunjung yang datang selain dengan teman juga dengan pasangan. Waduk ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berpacaran dengan kekasih, karna disana kita bisa meniknati keagungan ciptaan Tuhan bersama orang yang kita sayangi.
4.      Tempat Camping
Tempat yang sangat luas seringkali Waduk ini digunakan sebagai tempat kemah. Tidak sedikit anak-anak sekolah yang melakuakn kemah di sini.
Wisata Waduk Selomoro ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib di kunjungi karena pesona yang di miliki waduk ini tidak akan kalian temukan di tempat wiasata manapun. Ketika akita sedang berkunjung jangan khawatir jika tidak dapat tempat untuk parkir kendaraan, karena tempat wisata ini menyediakan beberapa fasilitas bagi para pengunjung, diantaranya adalah tempat parkir, warung makan, mushola, tempat istirahat serta fasilitas lainnya yang di sedikan untuk memuaskan para pengunjung.
Untuk kalian yang belum pernah ke waduk Selomoro silahkan kunjungi tempat wisata ini dan rasakan sendiri sensasinya. Ini merupakan salah satu referensi tempat wisata untuk kalian  dari banyaknya wisata di Pati, semoga bermanfaat.


Sumber : direktropati.com

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==