PENTING!!! Para Ibu Harus Tau Makanan Sehat bagi Balita

Teruntuk orang tua maupun calon orangtua. Bagi anda yang memiliki anak maupun saudara yang masih di bawah lima tahun (Balita) dan sedang aktif bermain dan belajar tentunya memerlukan asupan nutrisi yang cukup, tepat, dan lengkap untuk menjamin agar tumbuh kembangnya optimal. Untuk itu, pastikan agar anda menyajikan menu makanan sehat yang bisa memberikan asupan energi dan zat gizi untuk mendukung perkembangan motorik, mental, dan kognitifnya. Berikut adalah 5 makanan sehat untuk balita yang perlu anda ketahui:

1.  Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau tua seperti sawi, bayam, brokoli, dan kangkung memiliki banyak kandungan serat untuk menjaga metabolisme tubuh dan kadar vitamin serta mineral yang tinggi, yaitu zat besi, kalsium, dan asam folat.

2.  Daging
Makanan sehat selanjutnya yaitu daging. Daging merupakan sumber yang baik bagi tubuh karena mengandung vitamin, protein, mineral, zat besi, seng, dan vitamin B12. Anda bisa membuat menu makanan sehat bagi balita dari daging rendah lemak dan ayam tanpa kulit. Namun perlu diingat sebaiknya anda perlu mengurangi konsumsi jeroan dan daging olahan seperti sosis dan nugget.

3.  Buah-buahan
Anda perlu juga memasukkan menu makanan sehat balita berupa buah-buahan seperti alpukat,  blueberry, atau jeruk mandarin yang memiliki banyak kandungan berbagai zat gizi yang diperlukan si balita. Untuk alpukat, buah ini memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang menyehatkan. Karena makanan sehat ini mengandung kalori yang tinggi. Alpukat juga cocok untuk dijadikan menu sehari-hari bagi si kecil yang berat badannya masih kurang. Sementara blueberry memiliki kandungan flavonoid yang sangat baik untuk mata, otak, dan saluran kemih anak. Jeruk mandarin kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga cocok untuk dijadikan camilan sehat favorit.

4.  Kacang-kacangan
Anda juga bisa menyajikan menu makanan sehat balita dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, kedelai, almon, pistachio, dan lain-lain yang memiliki kandungan sumber lemak baik (omega-3 dan omega-6) sehingga bermanfaat untuk tubuh, khususnya jantung. Selain itu, kacang-kacangan ini juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin E, fosfor dan selenium.

5.  Yoghurt
Anda bisa memperkenalkan yoghurt pada balita yang berusia satu tahun ke atas. Yoghurt merupakan bakteri baik dalam produk fermentasi susu berfungsi memelihara kesehatan saluran pencernaan anak anda. Makanan sehat yang satu ini juga menjadi sumber yang baik untuk kalsium dan vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang dan gigi balita anda. Selain itu yoghurt juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta kesehatan jantung dan otak.

Itulah 5 makanan sehat yang perlu diberikan untuk balita anda. Dengan memberikan makanan-makanan sehat tersebut secara rutin maka akan membantu tumbuh kembangnya anak menjaadi  sehat dan jauh dari berbagai penyakit yang ada.

Sumber : https://www.halodoc.com/blog/ini-dia-5-makanan-sehat-untuk-si-kecil-yang-masih-balita


close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==