WASPADA!!! INI YANG BISA MENYEBABKAN KAMU TERSESAT SAAT MENDAKI


Mendaki Gunung adalah kegiatan yang saat ini digemari para anak muda, baik kalangan yang notabene pecinta alam maupun hanya sedang mengikuti trending. Tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan mendaki gunung ini sering kali disepelekan para pelakunya. Namun apa yang akan terjadi jika kita tidak selalu waspada. Alam tidak bisa untuk di tebak, sewaktu-waktu angin berhembus kencang, petir menyambar dengan ganasnya, terlebih hewan buas yang ada di hutan belantara dapat muncul sewaktu-waktu.
Tidak sedikit kita mendengar berita di Koran maupun Sosial Media tentang orang hilang di gunung. Pada pembahas ini akan menuju ke hal hal apa saja saat kita tersesat saat mendaki.

Waspadai Suatu Hal Yang Menyebabkan Tersesat Saat Mendaki
Dalam Ilmu Fisika terdapat materi tentang sebab akibat, tapi dalam kehidupan normal atau sehari-hari kita juga sebenernya selalu melakukannya. Jadi apa yang kita lakukan, pasti akan ada akibat di waktu yang akan datang

Takabur dan Tidak Sopan Santun
Percaya atau tidak, kita hidup di Alam Semesta ini tidak sendiri. Ada makhluk Allah SWT lain yang sama halnya berakivitas seperti kita, itupun kita tidak bisa melihat dalam mata telanjang. Takabur adalah sifat yang kura baik jika kita saat berada di alam bebas, sebab jika kita sembarangan berucap dan perlakuan kita tidak sopan, hal kecil ini dapat membuat kita tersesat ketika menyusuri alam bebas.
Tidak Mempelajari Jalur Yang Akan Dilalui
Memahami Jalur Pendakian Gunung yang akan kita lalui wajib hukumnya untuk di pelajari. Untuk itu, sebelum kita melakukan pendakian, gunung manapun, biasakan melihat peta pendakian terlebih dulu. Lihatlah Pos-Pos berada dan waktu tempuh dari Pos menuju Pos selanjutnya. Dengan ini persentase Anda tersesat akan kecil sekali.

Mencoba Tantangan Dengan Melewati Jalur Sendiri
Jangan sekali sekali keluar dari jalur yang sudah Rescue atau SAR Gunung tersebut dibuat. Artinya jika kita kita tetap memaksakan ego kita untuk melewati jalur dengan feeling sendiri, ini adalah tindakan yang sangat ceroboh dan haram dilakukan. Terkecuali jika kita tuan rumah, kita boleh saja mencoba tantangan ini karena mungkin sudah mengetahui seluk beluk tentang Gunung tersebut. Namun bila kita hanya Tamu, jangan melakukan ini.

Berpencar Dengan Rombongan Pendaki
Hal lain yang harus kita waspadai adalah berpencar dengan teman pendakian. Sebab jika kita belum menguasai situasi dan kondisi alam, kita akan tersesat dan belum tentu untuk ditemukan. Maka dari itu, bergerombol atau tetap bersama teman sependakian adalah penting. Terlebih jika cuaca sedang berkabut tebal, harus ada yang mengkomando antara Depan, Tengah, dan Belakang.

Berjalan Saat Cuaca Berkabut Tebal
Berjalan pada saat cuaca berkabut tebal tentu penglihatan kita juga terbatas akan jalur yang dituju. Untuk mengantisipasi tersesat di alam bebas, hindari melakukan perjlanan saat berkabut tebal. Terlebih di Gunung yang tinggi dan mempunyai track panjang. Tunggulah sesaat untuk kabut menghilang, jika sudah terang kembali lanjutkan perjalanan dengan hati-hati.

so, tetap persipkan segala hal sebelum mendaki dengan cermat ya Kawan! SALAM LESTARI!

sumber: hipwee.com

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==