Kamar Sejuk Tanpa AC? Nomor 4 Wajib Dicoba!!!



Bila kita rasakan, cuaca pada beberapa hari ini sangatlah panas. Jarak matahari dengan bumi rasanya lebih dekat dari biasanya hehe. Tentunya untuk kalian para mahasiswa yang  gemar beraktifitas, hal ini menjadi  satu hal yang tidak nyaman bukan? Suhu yang semakin panas ini mungkin salah satu akibat dari pemanasan global  dimana suhu bumi menjadi semakin meningkat, akibatnya udara  di sekitar kita terasa semakin panas. Tapi jangan khawatir, kali ini Repa akan berbagi tips sederhana cara membuat ruangan menjadi terasa sejuk  dan tidak sumpek, terutama untuk mahasiswa agar kamar kosnya terasa lebih sejuk dengan cara sederhana dan murah. Tidak perlu dengan cara yang ribet dan mengeluarkan banyak uang, cara ini sangat mudah dan simple. Mari kita kupas tips membuat ruangan menjadi sejuk dan tidak sumpek.

1.    Gunakan Warna Cerah untuk Tembok Kamar
Tahukah kamu, bahwa warna cerah akan memberikan kesan sejuk pada kamar kost kamu? Seperti contoh warna putih, biru muda, dan hijau muda akan memberikan kesan yang sejuk dan dan memberikan efek ketenangan pada penghuninya. Sebaliknya, warna gelap akan memberikan kesan sumpek dan sempit pada kamar kost kamu. Jika kamar kostmu tidak boleh di cat ulang, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan wallpaper atau tempelan-tempelan yang memberikan kesan cerah pada didnding kamarmu.

2.    Matikan Lampu pada Siang Hari
Ini adalah hal yang terkadang sering disepelekan.  Lampu sudah pasti mengeluarkan panas, nah dengan menyalakan lampu ketika panas, akan membuat suhu kamarmu semakin panas, sebaiknya jika siang hari bukalah jendela agar cahaya matahari masuk dan udara pun masuk sehingga kamar tetap terang dan sejuk mendapat udara dari luar. Selain itu pun akan menambah hemat listrik.

3.    Tips Menggunakan Kipas Angin agar Maksimal
Banyak dari kita yang keliru dalah menggunakan kipas angin. Kebanyakan dari kita menggunakan kipas angin dengan cara menghadapkan pada tubuh kita, itu adalah cara yang kurang tepat. Penggunaan kipas angin yang benar adalah dengan cara mengarahkan kipas angin ke arah dinding yang berlawanan dengan tubuh kita. Hal ini akan membuat terjadinya sirkulasi udara yang baik. Angin tidak hanya muter-muter saja. Dan mengarahkan kipas angin ke tubuh kita hanya akan memberikan efek dingin sesaat.

4.    Bikin AC Buatan dengan Cara Mudah dan Murah
AC buatan disini tentunya tidak menggunakan cara yang rumit ya, cukup dengan cara sederhana dan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekeliling kita. Mari kita simak cara membuatnya.

Alat dan Bahan:
  Kipas angin
 Tali rafia
 2 botol plastik bekas
 Cutter
  Paku
 Es batu

Cara membuat:
1.      Gunting bagian bawah botol bekas3/4 bagian menggunakan cutter
2.      Buat lubang-lubang di sekitar badan botol bagian tengah menggunakan paku
3.      Jika sudah dilubangi, ikat botol ke kipas angin menggunakan tali rafia. Masukkan tali rafia ke salah satu lubang di botol kemudian hubungkan ke sela-sela kipas angin, lalu diikat. Nah pemasangannya posisi botolnya terbalik yaaa
4.      Masukkan es batu secukupnya melalui bagian bawah botol yang tadi sudah digunting. Tapi jangan sampai melebihi batas lubang-lubangnya.
5.      Nyalakan kipas dan AC sederhana sudah bisa digunakan.
6.      Jika es batu sudah mencair, buka tutup botol lalu keluarkan airnya. Isi kembali dengan es batu yang baru.

5.    Meletakkan Tanaman atau Bunga dalam Kamar
Selain memberikan kesejukan, meletakkan bunga-bungaan di kamar juga akan menambah keindahan. Bunga dikamar bisa ditaruh di pot-pot kecil. Tanaman di siang hari tentu akan mengeluarkan oksigen yang akan menambah kesejukan pada kamar, selain itu hijau-hijauan juga akan memberikan kesegaran tersendiri jika dilihat. Akan tetapi pada malam hari sebaiknya tanaman dikeluarkan dari kamar, karena pada malam hari tanaman akan mengeluarkan karbondioksida yang malah justru berbahaya jika dihirup oeh kita saat tidur.

Sekian dulu ya tips menambah sejuk ruangan dari Repa. Selamat mencobaaa.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==